Mengenal Kamera Mirrorless Dan Apa Saja Kelebihannya

Mengenal Kamera Mirrorless, Dalam beberapa tahun terakhir ini, kamera industri ‘dihantui’ oleh istilah mirrorless. Tak sedikit fotografer profesional yang lebih memilih untuk memensiunkan kamera DSLR-nya lalu beralih menggunkan kamera mirrorless. Beberapa pabrik kamera, termasuk salah satunya adalah Fujifilm yang populer pada zaman kamera analog, sekarang juga ikut menggeluti bidang mirrorless dan berhasil memperoleh sukses.

Namun, sebelum kita membahas tentang kelebihan-kelebihan dari kamera mirrorless ini, ada kontribusi kita terlebih dahulu membahas apa yang dimaksud mirrorless kamera.

Apa itu kamera mirrorless?

Secara eksklusifnya, kamera mirrorless berarti kamera tanpa cermin. Namun, jika mengharapkan pada artikel ini, berarti semua kamera non-SLR atau non-DSLR adalah kamera mirrorless, termasuk juga kamera saku atau kamera prosumer.

Istilah mirrorless sendiri lebih dipertanyakan pada mirrorless interchangeable lens camera (MILC) yaitu kamera yang lensanya dapat dilepas-pasang atau dapat pula diganti, tetapi tidak dilengkapi dengan cermin seperti kamera DSLR. Tidak ada cermin pada kamera mirrorless yang pada umumnya jauh lebih mudah dibandingkan dengan DSLR

Pemahaman ini tentang berujung pada istilah lain dari kamera mirrorless, yaitu kamera sistem kompak (CSC) yang rumit tentang kelebihan dari kamera mirrorless. Bodinya rumit, namun merupakan sistem sebab lensanya dapat digonta-ganti.

Karena tidak memiliki cermin, kamera mirrorless pun otomatis tidak memiliki jendela bidik optik seperti kamera DSLR, kecuali untuk beberapa model seperti Fujifilm X-Pro2. Komponen ini diganti oleh viewfinder elektronik (EVF) yang lebih banyak dibeli juga dapat menampilkan gambar tanpa lag dan dengan resolusi yang tinggi.

Munculnya kategori mirrorless sendiri diawali oleh Epson R-D1 pada tahun 2004. Namun sebelum Panasonic Lumix DMC-G1 diperkenalkan pada tahun 2008, kategori mirrorless masih belum terlalu populer. Sesudahnya, kita pun sudah sampai pada titik dimana kamera mirrorless bisa dibilang lebih populer dibandingkan kamera DSLR seperti saat ini.

Kelebihan-kelebihan Kamera mirrorless

Seperti yang telah diselesaikan sebelumnya, kamera digital mirrorless menambah ukurannya lebih rumit dan beratnya jauh lebih ringan, namun lensanya dapat diganti sesuai dengan kebutuhan seperti kamera DSLR. Selanjutnya, kualitas gambar dari kamera mirrorless pun tak kalah karena kamera ini mengemas sensor dengan ukuran yang cukup besar, hal ini ada yang termasuk model, seperti yang dikeluarkan pada kamera Sony A7R II, bahkan mengusung sensor full-frame yang hanya bisa kita temui di kamera DSLR seharga puluhan juta.

Performa kamera  mirrorless  saat ini pun sudah sangat berhasil kamera DSLR. Demikian juga dengan kontrol manual yang sangat lengkap. Satu-satunya aspek yang bisa dibilang lebih buruk jika dibandingkan Kamera DSLR  autofokus terus menerus . Itulah kamera fotografi yang lebih memilih DSLR dibandingkan kamera  mirrorless .

Secara keseluruhan, kamera  mirrorless  memang tidak bisa lagi dilihat dalam industri fotografi dan videografi. Kematangan teknologi dan juga kelengkapan ekosistem yang ditawarkan oleh yang ditawarkan pada yang ditawarkan hati para pengguna, yang baik itu profesional atau yang umum.

Itulah sedikit informasi tentang kamera mirrorless yang dapat kami sampaikan saat pembahasan kali ini. Semoga informasi bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah mengunjungi situs web kami. Jangan lupa selalu kunjungi blogkamera.com untuk mendapatkan informasi yang menarik lainnya.

Leave a Comment