Kamera Untuk Vlog Murah Untuk Pemula Hingga Yang Terbaik

Kamera Untuk Vlog – Saat ini banyak sekali macam-macam kamera vlog murah dan bagus. Kamera apa sih yang bagus dan cocok untuk digunakan dalam pembuatan video blog di youtube?  Dan bagaimana caranya menjadi vlogger dengan kualitas video yang bagus tetapi tidak memiliki banyak budget?

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai daftar kamera apa saja yang cocok digunakan untuk membuat vlog dengan harga yang relatif terjangkau dan memiliki kualitas video yang bagus.

Kamera Murah Untuk Vlog

Berikut adalah beberapa kamera rekomendasi kamera vlog murah dengan flip-screen untuk anda ingin terjun ke dunia Vlog dengan kualitas video yang sangat bagus serta memiliki harga yang terjangkau,

1. Canon Powershot G7X Mark II

Mungkin anda sudah tidak asing dengan kamera ini. Kamera ini merupakan kamera yang paling populer dan banyak digunakan oleh para Vlogger. Bentuk fisik kamera ini sama seperti kamera Sony RX100, namun kamera ini memiliki harga yang lebih murah dan memiliki kualitas video yang tak kalah baik dari kamera Sony tersebut. Dengan sensor kamera yang memiliki kapasitas 20.2 MP membuat kamera ini mampu menghasilkan warna yang tajam dan sangat jerni di video Full HD 1080p 60Fps. Kamera Canon Powershot G7X Mark II ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 8 juta.

2. Panasonic Lumix DMS LX10

Berbicara mengenai resolusi layar Lumix DMC LX10 ini merupakan satu-satunya pilihan yang menyuguhkan resolusi 4K. Dengan resolusi 3 fps, kamera  ini cocok untuk Vlogger di lingkungan outdoor. Konektivitas juga  mantap karena sudah terdapat Micro HDMI, AV Output (NTSC/PAL), USB dan WIFI. Namun untuk penangkapan Low-Light Kamera Lumix DMC LX10 ini kurang bagus dibandingkan dengan beberapa saingannya.

3. Sony Alpha A5100

Dengan memiliki layar yang berukuran 3 inch dan sudah bisa di flip kamera Sony ini sangat cocok untuk para vloger pemula. Kamera Sony Alpha A5100 ini memiliki resolusi 9 21.600 dot yang sangat jernih dan tajam. Dengan resolusi 24MP dan didukung dengan sensor CMOS, prosesor Bionz X, Iso 100 – 25600. Kamera Sony Alpha ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 6 juta.

4. Samsung NX-Mini

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan kamera ini design nya yang manis dan imut ini cocok juga dijadikan sebagai kamera vlog,  dibekali sensor 20.5MP sehingga dapat menghasilkan video berkualitas Full HD 30Fps. Bila mencari konektivitas yang fleksibel, Samsung NX-Mini pilihannya dengan kelengkapan HDMI, Micro-USB dan WiFi.

Sayangnya kelemahan dari kamera ini ialah kapasitas battery dengan daya rekam yang sangat singkat yakni hanya 29 menit saja.

5. Sony DSC RX100

Beberapa Vlogger terkenal seperi Raditya Dika , Andovi Da Lopez mereka masih setia dengan Sony DSC RX100. Kelebihan dari kamera ini adalah konektivitas yang sudah mendukung NFC dan WiFi. Selain itu kemampuan fleksibilitas sensor kamera sebesar 20MP kamera ini berhasil membuat kualitas FHD 1000Fps, sangat keren saat membuat video slow motion.

Untuk Sony Cybershot DSC-RX100 Mark V masih terbilang cukup mahal dengan harga sekitar 14 jutaan, tapi bila kamu terlalu berat kamu bisa mencari type di bawah nya seperti RX100 Mark III atau Mark IV.

6. Nikon D3100

Kamera vlog murah selanjutnya datang dari produk Nikon. Kamera Nikon D3100 ini memiliki kualitas pengambilan gambar yang cukup bagus dan harganya yang lumayan terjangkau.

Nikon D3100 sudah dilengkapi dengan layar lcd yang bisa tampil secara live saat kamu merekam sebuah video. Kamera ini juga dihadirkan dengan dialer exprosure dan drive mode yang membuat kamera ini cukup berkelas di kisaran harganya.

Untuk kamu yang baru terjun ke dunia vlogging bisa mencoba menggunakan kamera ini mengingat peraturan kamera yang cukup mudah dioperasikan serta terdapat mengatur secara manual. Kamera vlog murah ini dapat kamu bawa pulang hanya dengan harga 3,8 jutaan saja.

7. Sony Cyber-Shot DSC-WX350

Selanjutnya dari brand Sony yaitu Cyber-shot DSC-WX350. kamera vlog murah ini merupakan kamera pocket dengan fitur dan kualitas yang cukup bagus digunakan untuk membuat video. Dengan harganya dikisaran 3 jutaan, kamera ini memiliki sensor Exmor R CMOS yang baik dalam menangkap cahaya dan fitur perekaman video Full HD hingga 60fps.

Karena ukurannya yang cukup ringkas, kamera ini sangat cocok kamu gunakan untuk vlogging sembari jalan-jalan.

8. Canon EOS 1200D

Kamera ini memiliki kualitas teknologi yang sudah tidak usah diragukan lagi. Kamera Canon EOS 1200D adalah kamera entry level yang memiliki kualitas gambar yang mumpuni. kamera ini dijual bersama dengan lensa kit atau body only (body nya saja).

Kisaran harga kamera ini masih dalam kisaran 4 jutaan saja, kamu hanya tinggal membeli lensa tambahan yang cocok denganmu untuk menunjang performa dari kamera ini.

9. Nikon Coolpix P7700

Kembali lagi ke produk Nikon yaitu seri Coolpix P7700. Kamera ini menggunakan lensa NIKKOR yang sudah tertanam dan tidak dapat dilepas seperti kamera DSLR. Kamera ini memiliki bentuk yang cukup ringkas dengan hasil pengambilan gambar yang mumpuni.

Bagusnya lagi, dengan harga yang terbilang cukup murah, Nikon Coolpix P7700 ini bisa merekam gambar dengan kualitas Full HD. Pas banget untuk kamu yang mementingkan kualitas gambar dan video pada saat vlog.

10. Canon EOS 1300D

Kamera vlog murah yang satu ini yaitu dari produk Canon, sebelum nya ada Canon EOS 1200D kali ini Canon mengeluarkan seri terbarunya lagi dari Canon EOS 1300D. Kamera ini memiliki kualitas yang cukup baik dikelasnya, ditambah lagi dengan fitur modern seperti NFC yang dapat mempermudah kamu utnuk pengiriman data via nirkabel.

Dengan harga yang cukup terjangkau di kisaran 4,7 jutaan saja, kamu akan mendapatkan kamera dengan kualitas perekaman video hingga Full HD. So pasti kalau urusan foto tidak usah diragukan lagi dengan kamera ini. Kamu akan mendapatkan kualitas gambar yang jernih dengan warna yang natural.

Kamera Vlog Murah Dibawah 2 Juta

1. Canon IXUS 185

Kamera pocket IXUS 185 ini merupakan kamera saku dari Canon yang berkualitas dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Dengan kamera ini kamu sudah bisa merekam gambar dengan kualitas HD. Tidak hanya itu, dengan resolusinya yang didukung dari sensor 20MP, gambar yang dihasilkan pun cukup jernih.

Kamu juga akan banyak mendapatkan fitur menarik lainnya, layaknya kamera mahal. Dengan harga 1,2 jutaan saja kamu sudah bisa memiliki kamera berkualitas.

2. Sony DSC-W830

Kamera vlog murah dibawah 2 juta selanjutnya adalah Sony DSC-W830. Kamera pocket sony dengan ukuran yang cukup simple dan memiliki kemampuan videografi yang cukup mumpuni. Kamu dapat merekam video dengan kualitas HD dengan gambar yang jernih.

Tentunya dengan sensor milik sony yang dapat membuat gambar menjadi sangat natural. Dengan harga kisaran 1,4 jutaan saja kamu akan mendapatkan beragam fitur menarik lainnya dari kamera ini, dan sangat praktis dibawa kemana-mana.

3. X-Pro Cam DVC HDC-PZ3000

Jika kamu bingung mencari kamera yang dikhususkan untuk vlog saja kamera ini lah jawabannya. yapp X-Pro Cam DVC HDC-PZ3000 kamera ini memiliki segudang fitur yang berkelas dan kualitas gambar yang baik, dengan body kamera yang cukup ringkas.

Kamu dapat merekam video hingga kualitas Full HD ditambah dengan 16x digital zoom. Tidak hanya itu saja, dengan layar yang dapat di flip dapat memudahkan kamu dalam melakukan kegiatan vlogging. Kamera ini dibandrol dengan harga 1,2 jutaan saja.

Kamera Vlog Murah Dibawah 1 Juta

Harga kamera vlog murah tidak selalu memiliki kualitas yang buruk. Berikut beberapa kamera vlog murah yang saya rasa cukup membuat video di youtube.

1. Kamera Xiaomi Yi

Dengan bentuk yang kecil kamera ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p / 60 Fps serta mempunyai resolusi 16 MP dengan sensor EXmor R CMOS. Kamera ini dijual dengan harga 9 ratus ribuan sampai 1 jutaan.

2. SJCAM SJ5000

SJCAM SJ5000 adalah action camera yang bisa digunakan untuk vlog dengan sensor 14MP kamera ini sudah mampu menghasilkan kualitas video 1080p Full HD 30 Fps. Kamera ini di bandrol dengan harga sekitar 1 jutaan.

3. Kamera Kogan

Kamera Kogan ini masih menggunakan teknologi interpolated dimana resolusi videonya mungkin hanya 1080p atau dibawahnya, lalu bagaimana mendapatkan hasil 4K ? yaitu dengan bantuan software setiap pixel dari resolusi 1080p digandakan hingga resolusinya berubah menjadi 4K sehingga membuat kualitas video jadi kurang tajam.kamera ini di bandrol dengan harga sekitar 400 ribuan.

4. Kamera LODS

Kamera ini merupakan kamera murah dengan harga sekitar 800 ribuan dengan spek kamera 12MP dan layar 2 inch. Kamera ini cukup murah dibanding dengan kamera sebelumnya Xiaomi Yi.

5. Kamera Bcare

Kamera Bcare harganya hampir sama dengan kamera kogan. Kamera ini bisa di bilang memiliki kualitas yang cukup baik, Resolusi dari kamera ini cukup tinggi di tambah ketajaman warna nya yang optimal. Kamera ini di bandrol dengan harga sekitar 500 ribuan.

6. Brica B-pro Alpha Edition 4K

Brica B-pro Alpha Edition 4K merupakan kamera dengan harga murah dibawah 1 jutaan. Kamera ini dapat merekam gambar hingga kualitas 4K yang lebih baik dan memiliki sensor yang sangat cocok untuk merekam di dalam air untuk kegiatan ekstrem.

Kamera ini cocok untuk kamu yang sedang mencari kamera murah dan berkualitas untuk membuat video vlog di dalam air.

Daftar Harga Kamera Vlog 2019

No Nama Kamera Vlog Harga Kamera Vlog Jenis Kamera Untuk Vlog
1 Canon Powershot G7x II Rp. 7.068.000 Mirrorless
2 Canon EOS 70D Rp. 13.840.000 DSLR
3 Sony Alpha A5100 Rp. 7.499.000 Mirrorless
4 Sony RX100 Mark IV Rp. 11.999.000 Prosumer
5 Samsung NX-Mini Rp. 4.000.000 Mirrorless
6 Nikon Coolpix S900 Rp. 4.370.000 Prosumer
7 Panasonic Lumix DMC LX10 Rp. 8.800.000 Prosumer
8 Gopro Hero 4 Rp. 4.500.000 Action Cam
9 Brica B-pro Alpha Edition Rp. 699.000 Action Cam
10 Brica B-pro Alpha Plus Rp. 1.799.000 Action Cam
11 Xiaomi Yi Rp. 990.000 Action Cam
12 SJCAM SJ5000 Rp. 1.900.000 Action Cam
13 Kogan Rp. 653.000 Action Cam
14 B-care Rp. 549.000 Action Cam

Tips Memilih Kamera Vlog

  1. DSLR merupakan tipe kamera dengan bobot yang cukup berat dan dimensi yang bisa dibilang ringkih, meskipun demikian, DSLR menawarkan banyak kelebihan, dari mulai bisa diganti lensa hingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan photography.
  2. Action Cam merupakan kamera mungil kecil dan sangat simple untuk dibawa traveling ataupun bepergian, selain mudah dibawa action cam ini juga menawarkan wide view, sangat unik dan  cocok bagi vlogger traveling atau bagi seorang motovlogger karena kamera ini dapat disimpan di tempat-tempat ekstrim.
  3. Kamera pocket ditujukan untuk photography seadanya, sangat cocok untuk dijadikan kamera yang tidak terlalu memerlukan variasi tampilan. Untuk sebuah vlog, banyak kamera pocket yang bagus asalkan pintar dalam memilihnya. Jaman sekarang ini, menurut ngevlog lebih baik menggunakan kamera HP dengan kualitas baik dibandingkan menggunakan kamera pocket, tetapi kualitas masih bisa di adu.
  4. Mirrorless merupakan tipe kamera yang simple dengan body kecil dan pastinya lensa dapat diganti sesuka hati, meskipun terkadang orang masih memandang DSLR yang terbaik namun mirrorless juga layak untuk dipetimbangkan jika ditujukan untuk keperluan vlogging.

Leave a Comment