Harga Sony A6300 Terbaru Mei 2019, Review dan Spesifikasi Lengkap

Harga Mirrorless Sony A6300 – Sony A6300 merupakan salah satu kamera mirrorless terbaru dan menjadi generasi kamera yang sebelumnya yaitu kamera Sony A6000 yang memiliki spesifikasi prima dengan harga yang cukup terjangkau.

Review,Harga dan Spesifikasi Kamera Sony Alpha A6300

Dalam acara peluncuran kamera Sony Alpha A6300, Sony mengumumkan bahwa keunggulan kamera ini adalah pada kecepatan autofocus yang diklaim sebagai kamera kamera tercepat didunia, bahkan pada saat peluncuran sony sampai menyewa beberapa atlit olahraga untuk menunjukkan kecepatan autofocus pada kamera Sony Alpha A6300 tersebut. Dengan titik focus yang berlimpah, Sony mengatakan bahwa kamera ini bisa mengunci fokus subjek bergerak hanya dengan 0,05 detik.

Selain itu, kamera Sony Alpha A6300 juga dibekali dengan sensor CMOS Exmor ukuran APSC yang memiliki resolusi 24,2 MO. Sensor tersebut mempunyai rentan ISO mulai dari 100 hingga 51200. Tidak hanya itu, Sony juga menggunakan sistem perkabelan tembaga untuk meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya di permukaan sensor dan pada akhirnya dapat mempercepat proses transfer foto.

Meskipun ada beberapa harapan yang tidak dapat terpenuhi, tetapi secara keseluruhan Sony Alpha A6300 ini merupakan kamera mirrorless dengan sensor APS-C yang terbaik dari Sony. Kamera ini sangat cocok untuk para fotografer ataupun penghobi yang menyukai kamera yang sangat ringkas namun dengan kinerja yang tinggi dengan kualitas foto yang bagus.

Secara spesifikasi, kamera Sony Alpha A6300 ini memang impresif, tetapi banyak hal-hal yang harus diuji lebih lanjut seperti :

  • Pada saat merekam video 4K, apakah kamera akan cepat panas (overheat)?
  • Bagaimana dengan autofocus di dalam kondisi yang gelap, apakah masih tetap cepat, atau melambat signifikan?
  • Bagaimana kualitas gambar di rentang ISO paling rendah dan tinggi, dynamic range dll ?
  • Kinerja continuous live view-nya apakah sesuai dengan yang ditawarkan?
  • Buffer kamera pada saat merekam foto berturut-turut dan butuh waktu berapa lama untuk bisa memotret kembali,
  • Kinerja kamera secara keseluruhan : Apakah responsif atau perlu menunggu kamera memproses data
  • File RAW 14 bit atau dikompres menjadi 12 bit?

Body Kamera Sony A6300 menggunakan campuran logam magnesium sehingga tahan terhadap kelembapan dan debu serta mempunyai 9 tombol yang dapat di kustomisasi. Di bagian belakang terdapat layar sentuh LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 921 ribu titik yang bisa tilting. Sementara lobang bidik elektronik (viewfinder) menggunakan OLED dengan resolusi 2,3 juta titik dan perbesaran 0,7 kali dengan 120 frame per detik sehingga tidak terlihat patah-patah saat kita tracking subjek bergerak.

Peningkatan Penting Sony A6300

  1. Kecepatan autofokus, terutama saat mengikuti subjek bergerak lebih cepat dan akurat berkat 425 titik fokus deteksi fasa.
  2. Kualitas gambar meski resolusinya cuma 24 MP, tapi mengunakan desain baru yang lebih efisien dalam menerima cahaya, sehingga ISO tingginya lebih minim noise. Maksimum ISO menjadi 51200.
  3. Fitur-fitur video seperti bisa merekam video 4K, mic input, S-log Gamma 3 dll.

Tapi yang paling spektakuler dari Sony A6300 memang kemampuan autofokusnya. Dengan dilengkapi 425 titik fokus deteksi fase, kamera ini tercatat sebagai kamera dengan titik fokus terbanyak yang pernah ada (sejauh ini). Sony memperkenalkan sistem autofokus 4D yang mampu mengunci fokus hanya dalam waktu 0.05 detik. Sebuah angka fantastis dan kalau memang benar merupakan angka autofokus tercepat. Sony A6300 ini memiliki titik fokus dengan 7,5 kali lebih padat jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Sony A6000.

Untuk video, Sony A6300 mampu merekam video berukuran 4K, mengikuti kamera seri A7 mark II yang menggunakan sensor full frame. Kalau anda menggunakannya untuk video 1080p, kamera ini mampu merekam pada 120 frame per detik untuk slow-mo.

Harga Sony A6300 2019

Sony A6300 akan dijual dengan harga US$ 1000 (body only), sekitar Rp. 13,7 Juta atau dengan lensa kita 16-50mm f/3.5-5.6 dengan harga US$ 1150 (Rp. 16 Juta). Secara internasional, kamera ini mulai tersedia pada bulan April 2016, tunggulah sekitar satu samapai dua bulan setelah itu untuk masuk ke pasar Indonesia.