Harga Samsung NX300 Terbaru Juli 2019, Review, Spesifikasi dan Fitur

Harga Kamera Samsung NX300 – Kamera Digital Samsung NX300 merupakan salah satu kamera baru dan canggih yang diklaim mampu bersaing dengan produk-produk kamera lain yang sudah lebih dulu populer seperti Canon, Nikon, Sony dan lainnya. Apalagi Samsung NX300 ini memiliki kelebihan fitur dan teknologi yang ditawarkan menarik minat para fotografer dari semua kalangan.

Review, Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru 2019

Samsung Mirrorless Digital Camera NX300 memiliki dimensi 122 x 63.7 x 40.7 mm dengan berat 184 gram. Layar monitor memiliki ukuran 3,3 inchi super AMOLED dan fleksibel, yang bisa Anda lihat dengan layar LCD transparan. Sedangkan resolusi yang bisa resolusi pada layar LCD adalah WVGA (800 x 480).

Kamera Samsung NX300 ini memiliki desain yang sangat mengesankan dengan perpaduan antara desain modern dan klasik, pada bagian atas berbahan logam dan bodinya berbungkus karet hitam bertekstur, pada bagian belakang plastik dominan. Pegangan kamera samsung ini cukup besar sehingga aman digenggam tanpa takut meleset atau jatuh.

Kombinasi bahan logam dan kulit sintesis tentu saja juga akan memberikan aura klasik modern yang sedang digemari para konsumen di seluruh dunia. Tersedia warna hitam, coklat, dan juga putih yang bisa Anda pilih sendiri sesuai keinginan.

Bodinya bisa dibilang cukup tipis dan langsing, bahkan jika dibandingkan dengan kamera mirrorless di kelas harganya. Pegangan tangan lekukan juga cukup dalam, walaun tidak terlalu besar. Untuk faktor ergonomi, Samsung NX300 sangat nyaman digenggam dan bisa dioperasikan dengan sangat mudah, baik menggunakan satu ataupun dua tangan.

Sedangkan untuk menavigasi menu dan fungsinya, Samsung NX300 telah mengandalkan sejumlah tombol fisik yang memiliki ukuran cukup besar dan  nyaman untuk ditekan. Penempatan tombol-tombolnya juga sangat strategis dan mudah untuk dijangkau. Pada bagian atasnya, terdapat hot-shoe flash, tombol WiFi Direct Link, scroll dial untuk dapat melakukan zoom untuk melihat hasil jepretan fotor, tuas on/off serta tombol shutter dan tombol dial untuk memilih mode pengambilan gambar. Di samping layar, ada beberapa tombol navigasi dan pengaturan. Seperti  tombol untuk mengatur eksposure, menghapus file, dan juga mengakses menu.

Roda mode kamera (PASM dsb) terdapat di pojok atas kanan,  tetapi roda untuk mengganti settingnya begitu kecil. Dilengkapi juga flash eksternal yang kecil dan mengambil tenaga dari baterai, kemudian sebuah charger yang sama seperti charger yang  langsung dicolokkan ke port USB kamera (in-camera charging).

Layar Amoled berukuran 3 inch yang berjenis touch sensitive pada kamera samsung nx300 ini bisa dilipat ke atas dan ke bawah untuk komposisi foto dengan sudut yang cukup sulit. Warna dan kejernihan layar kamera ini sangat bagus, begitu pula dengan kepekaan layar terhadap sentuhan. Kita pun dapat mengatur setting kamera, memilih titik fokus hingga memotret dengan menyentuh layar monitor. Saat kita ingin melihat hasil foto, misalnya seperti di ponsel android, kita bpinch (cubit) layar untuk zoom dan geser jadi pada layar untuk mengganti foto.

Namun sayangnya, kamera ini tidak memiliki jendela bidik elektronik ataupun  aksesori jendela bidik eksternal yang dibuat oleh samsung, sehingga setiap saat untuk komposisi foto hanya mengandalkan layar utama ( yang tentunya lebih menguras baterai). Untungnya karena layar kamera ini berjenis Amoled maka akan tetap terlihat jelas meskipun digunakan di bawah sinar matahari yang menyorot dari atas.

Yang unik di Samsung NX300 Tombol i-Fn di lensa saya pikir adalah hal unik yang berguna. Dengan menekan tombol ini, kita bisa mengganti banyak hal seperti ISO, kompensasi eksposur, WB dan sebagainya hanya dengan memutar cincin fokus di lensa. Logikanya saat mode fokus di lensa dalam posisi AF, maka cincin ini jadi tidak berfungsi sehingga dimanfaatkan dengan baik oleh Samsung melalui i-Fn ini. Barulah saat mode fokus di lensa dipindah ke MF maka cincin ini akan berfungsi sebagai manual fokus dan sekaligus di layar bisa dimunculkan focus peaking untuk membantu kita.

Fitur Dasar Samsung NX300

Setiap kamera di segmen yang sama biasanya ada kemiripan, yaitu spek dan fitur dasarnya akan dibuat sesuai segmen / harga dan tren pada jamannya. Maka Samsung NX300 juga bisa kita tinjau fitur dan spek dasarnya yaitu :

  • sensor APS-C, 20 MP CMOS
  • mount lensa NX, crop factor 1,5x
  • 105 titik pendeteksi fasa di sensor
  • shutter max 1/6000 detik, flash sync 1/180 detik
  • ISO 100-25600
  • burst max 8,6 fps full res (atau lebih cepat dalam low res)
  • full HD, 60p
  • file RAW dan JPG (SF, F, N)
  • WB preset, WB measure, WB kelvin
  • multi, center dan spot meter
  • fitur penyeimbang kontras (dynamic range)
  • flash mode 1st dan 2nd curtain, bisa kompensasi flash exp.
  • AE dan WB bracketing
  • sensor cleaning
  • level gauge (virtual horizon)

Saya suka saat mengetahui kamera Samsung NX200 karena dilengkapi dengan fitur dasar seperti di atas, misal bisa memilih kelvin untuk akurasi WB, ada level gauge supaya foto tidak miring dan fitur lain yang lebih baik dari beberapa kamera DSLR yang harganya setara (misal bisa 1/6000 detik dan burst 8,9 fps). Hal lainnya saya pikir standar saja seperti metering, ISO, fitur video dan bracketing, toh di kamera lain juga kurang lebih sama. Tidak ada kekurangan fatal dari spek kamera Samsung NX300, baik dari sensor, shutter, prosesor, fitur dan kinerjanya kecuali pemakaian flash yang terpisah kadang agak merepotkan (ukurannya yang kecil beresiko terselip atau hilang), dan saat tidak dibawa maka tidak ada cara lain untuk menembakkan flash.

Spesifikasi Kamera Samsung NX300

Info Tipe Kamera Kamera SLD / MILC
Merek Samsung
Nama Produk Kamera Samsung NX300
Berat 280 g (0.62 lbs)
Ukuran Dimensi 122 x 64 x 41 mm (4.8 x 2.52 x 1.61 inci)
Release Year 2013
Lensa Auto Focus
Manual Focus
Optical Zoom
Digital Zoom
Focus Range
Macro Focus Range
Focal Length (35mm equivalent)
Aperture Range
Exposure Pengaturan ISO Auto, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800, 25600
Maksimal ISO 25600
Minimal ISO 100
Min Shutter Speed 30
Max Shutter Speed 1/6000
Exposure Comensation ±3 EV (at 1/3 EV, 1/2 EV, 1 EV steps)
Metering Multi, Center-weighted, Spot
Aperture Priority (Av) Ya
Shutter Priority (Tv) Ya
Sensor Kamera Sensor Type CMOS
Sensor Size 23.5 x 15.7 mm (1.11″)
Effective Megapixels 20.3 Pixels
Total Pixels 21.6 Pixels
Image Stabilization Ya
Flash Flash (Built-in) Tidak
Flash (External) Ya (Hot shoe)
Flash Modes Auto, On, Off, Red-eye, Fill-in, 1st/2nd Curtain, Smart Flash, Manual
Viewfinder Optical Viewfinder Tidak
Digital Viewfinder Tidak
Viewfinder Type Tidak
Viewfinder Accuracy
Layar Tipe Layar AMOLED Tilting Touch LCD
Ukuran Layar 3.3 inci
Resolusi Layar 768,000 pixels
Live View Ya
Video Video / Movie Mode Ya
Video Frame Rate 1920 x 1080, 1280 x 720, 640 x 480, 320 x 240
Video Resolutions 1920 x 1080, 1280 x 720, 640 x 480, 320 x 240
Video Formats MP4
Memori Memory Internal Tidak
Format Memori SD, SDHC, SDXC
Audio Formats AAC
Uncompressed Formats RAW
Performance Continuous Drive Ya
Continuous Drive Rate 9 fps
Baterai Tipe Baterai Li-ion BP1130
Battery Standby
Koneksi Video Out Tidak
Audio In / Mic Tidak
Audio Out Ya
USB USB 2.0 High Speed
HDMI Ya
Fitur lainnya Remote Control Tidak
Self Timer Ya
GPS Ya
Wi-Fi Ya

Harga Kamera Samsung NX300

Harga Baru : Rp 6.300.000
Harga Bekas : Rp 4.000.000

Samsung Mirroless Digital Camera NX300 (5 jutaan) yang sudah dilengkapi hybrid  AF, layar Amoled perbesaran, fitur WiFi dan NFC serta peningkatan hingga 8,6 fps dan fitur-fitur yang menawarkan untuk fotografer pemula juga profesional.

Mungkin hanya ini yang bisa kami dapatkan untuk Samsung Mirroles Digital Cmera NX300 semoga bisa membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless yang benar-benar berkualitas dan mampu menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Sekian, terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di pembahasan yang berikutnya.

Leave a Comment