Harga Nikon D5500 Terbaru Juni 2019, Review dan Spesifikasi Lengkap

Kamera Nikon D5500 – Nikon merupakan salah satu vendor kamera  yang sudah terkenal akan kamera-kamera buatannya yang sudah menyebar luas hingga ke penjuru dunia seperti Kamera DSLR Nikon D5500. Kamera ini merupakan produk nikon yang memiliki harga terjangkau, kamera DSLR Nikon D5500 termasuk kamera entry level atau kamera pemula dalam dunia fotografi, tetapi kamera ini mempunyai fitur yang lengkap dan kualitas yang sangat menawan sehingga anda sudah tidak perlu khawatir lagi untuk memiliki kamera Nikon yang satu ini.

Spesifikasi Dan Harga Kamera DSLR Nikon D5500

Kamera DSLR Nikon D5500 ini dilengkapi dengan layar sentuh sehingga akan memudahkan para penggunanya dalam mengoprasikan kamera Nikon ini. Selain itu, pada layar kamera Nikon D5500 ini mempunyai desain body yang cukup ringan yaitu 420 gram yang tentunya tidak akan memberatkan para penggunanya, dengan desain kamera Nikon D5500 ini membuat banyak penggunanya tertarik untuk memiliki kamera ini.

Apabila berbicara mengenai harga kamera Nikon D5500 ini,  pada saat pertama kali di release kamera ini ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastik yaitu Rp 10 juta hanya untuk pembelian kamera Nikon D5500 body only. Namun semakin lama kamera Nikon D5500 ini semakin mengalami penurunan harga yang lumayan hingga untuk mendapatkan kamera ini anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 8,4 saja untuk pembelian kamera Nikon D5500 dengan lensa kit VR II. Karena mengalami penurunan harga yang lumayan, kamera Nikon D5500 lebih bisa bersaing dengan kamera-kamera lainnya yang harganya dibawah 10 juta seperti kamera Canon 750 D, dan di kamera mirrorless, Sony A6000, Samsung NX500 dan sebagainya.

Apabila dibandingkan dengan kamera DSLR Nikon lainnya, kamera nikon D5500 merupakan kamera yang paling ringan (420 gram) dan bahkan juga lebih ringan daripada kamera Nikon D3300 (430 gram) ataupun Nikon D40 (475 gram).  Dan yang tak kalah menariknya, nikon dapat memasukkan fitur yang termasuk cukup unik di jajaran kamera DSLR Nikon yaitu layarnya yang dapat diputar / artikulasi ke segala arah dan layar monitornya bisa touchsreen dan built-in Wifi.

Meskipun ukurannya compact, tapi D5500 membuat penguna nyaman karena kamera ini enak diggenggam karena desain baru grip yang cukup dalam, sehingga saat dipasang dengan lensa yang panjang dan berat masih stabil dan erat. Pilihan bahan casing dan roda kendali (command dial) menurut saya lebih baik karena dari bahan carbon composite dan logam yang terkesan kokoh tapi tidak berat.

Kamera Dslr Nikon D5500 ini memiliki sensor setinggi 24,2 megapixel DX-format CMOS APS-C tanpa low pass filter optik atau filter anti-aliasing. Artinya penggunaan sensor pada kamera baru ini masih mewarisi apa yang ada pada Nikon D5300 sebagai pendahulunya. Lalu apa fungsi filter yang di tiadakan dalam hal ini? Filter AA dalam hal ini berfungsi untuk mengurangi efek moire.

Namun filter tersebut kini sudah ditinggalkan, karena dengan semakin tinggi nilai sensor efek moire yang muncul bisa diabaikan. Efek lain yang muncul dengan dihilangkannya filter tersebut justru akan memberikan keuntungan lain yaitu memberikan ketajaman yang jauh lebih baik pada gambar yang dihasilkan. Selain kelebihan yang didapat dari sensornya yang tinggi kamera ini juga telah dijejali dengan prosesor gambar EXPEED 4. Dengan prosesor gambar terbaru tersebut kinerja Nikon D5500 akan semakin cepat dalam mengolah data.

Fitur yang benar-benar baru telah dijejalkan pada kamera baru di tahun baru pula. Sebuah layar LCD dengan lebar 3,2 inch mengalami perbaikan yang sangat signifikan dari pendahulunya dimana D5500 telah mengadopsi fitur touch screen. Penambahan fitur layar sentuh sekaligus mengukuhkan Nikon D5500 sebagai kamera entry level pertama yang mengusung teknologi tersebut.

Layar LCD ini juga memiliki lebihan lain seperti para pndahulunya yaitu bisa di buka dan diputar sehingga memudahkan pengguna untuk mengambil gambar dari sudut yang menarik. Layar yang terpasang pada kamera ini memiliki 1,37M dot yang membuatnya dapat terlihat jelas pada kondisi terang. Namun sangat di sayangkan dengan penambahan yang menakjubkan ini harus mengorbankan fitur lain untuk hilang yaitu tanpa ada GPS built-in.

Viewfinder untuk kamera ini masih menggunakan yang sama dengan pendahulunya yang menggunakan optical viewfinder dengan tipe pentamirror. viewfinder ini mampu memberi cakupan area hingga 95% dan pembesaran hingga 0,83x.

Kamera ini juga memberikan tambahan yang juga menarik untuk diperhatikan yaitu kemampuan merekam video. Meskipun fitur ini bukan sebagai fitur utama namun cukup sering berguna bagi para pengguna. Kamera ini mampu digunakan untuk merekam video dengan kualitas full HD 1080 pada 60 fps. Hal ini sebenarnya tidak ada peningkatan dari kamera pendahulunya namun dengan kualitas perekaman video yang ada cukup memberikan kepuasan bagi para penggunanya. Dengan fitur tersebut tak hanya menarik para fotografer namun juga para videografer.

Untuk fitur unggulan yang dimiliki oleh kamera dslr buatan Nikon ini adalah sudah adanya fitur WiFi. Dengan fitur tersebut kamu bisa langsung berbagi foto dengan keluarga atau teman-teman kamu. Selain itu, hape atau tablet kamu juga bisa dikoneksikan dengan kamera ini, sehingga hape/tablet kamu bisa menjadi remote control untuk mengatur kamera Nikon D5500.

Nikon D5500 juga keterbatasan saat memotret berturut-turut, kecepatan foto berturut-turutnya sekitar 4-5 foto per detik, buffer untuk RAWnya hanya 7 foto, sedangkan jika memilih JPG, jauh lebih lapang, yaitu 100 foto.

Karena kekurangan diatas, D5500 tidak begitu ideal untuk digunakan sebagai kamera profesional dalam berbagai jenis fotografi yang berat-berat, terutama fotografi outdoor, satwa liar, sport atau di kondisi cahaya yang sangat gelap. Tapi untuk hobi fotografi, traveling, foto sehari-hari seperti foto makanan, dokumentasi keluarga dll, kamera ini menurut saya sudah bagus dan melebihi harapan saya.

Jika membicarakan mengetai kualitas gambar Kamera Nikon D5500 ini cukup baik untuk kelas APS-C, apa lagi dikombinasikan dengan 55mm VR II dan 55-200mm VR II sehingga akan membuat detail yang tertangkap cukup banyak meskipun tidak sangat tajam. Ketajaman lebih baik sedikit jika mengunakan lensa fix 35mm f/1.8DX atau lensa full frame seperti Nikon 28mm f/1.8G.

Dynamic range juga bagus, artinya saya bisa memotret dengan file RAW, dan kemudian saya bisa menerangkan bagian yang gelap sekitar 4 stop cahaya dan memunculkan detail di bagian gelap dengan noise yang minim. Contohnya seperti foto dibawah ini. Awalnya pohon di sebelah kanan gelap, tapi dengan software Adobe Lightroom saya dapat menerangkan pohon tersebut dengan mudah tanpa penurunan kualitas gambar yang berarti.

Kelebihan Nikon D5500

  • Ukuran yang ringkas untuk kamera DSLR tapi tetap enak dipegang karena pegangannya lebih dalam.
  • Touchscreen yang sangat membantu saya untuk mengganti setting kamera
  • LCD putar memudahkan komposisi di sudut yang sulit saat foto ataupun video.
  • Kualitas lensa zoom cukup baik, bisa fokus cukup dekat, membantu untuk foto objek kecil atau untuk menangkap detail seperti mainan atau makanan.
  • Kualitas gambar yang bagus, RAW 14 bit, dynamic range 14 stop dan ISO cukup bersih, masih banyak detail di ISO 1600 dan masih bisa diterima sampai ISO 6400
  • Resolusi 24 MP cukup besar
  • Pengaturan ISO 1/3 stop
  • Auto ISO termasuk minimum shutter (slow-faster)
  • Responsif/cepat dalam buka-tutup, mengubah setelan dll.
  • Bisa mengunakan touchscreen untuk mengubah titik fokus dengan cepat
  • Bahan kamera dari carbon monocoque, design solid dengan roda kendali dari logam
  • Layar monitor besar dan detail, untuk memeriksa foto perbesarannya cukup tinggi
  • Kapasitas baterai cukup tinggi (820 foto per charge).
  • Ada scene mode and picture effect seperti filter Instagram untuk pemula
  • Ada flat profile yang memudahkan video editing
  • Ada parameter Clarity untuk mengatur contrast di picture control
  • 39 titik fokus numpuk di bagian tengah

Kekurangan Nikon D5500

  • Autofokus saat live view agak pelan (1/2-1 detik), hunting (maju mundur) lensa kit agak berisik.
  • Memotret dengan live view membuat suara yang cukup berisik dan lambat
  • Tidak ada simulasi virtual horizon untuk memeriksa garis horizon
  • Jendela bidik optik relatif kecil
  • Tidak bisa mengatur Kelvin untuk pengaturan temperatur warna yang lebih akurat (tidak masalah untuk yang motret dengan RAW, tapi tidak untuk JPG). Bisa custom WB
  • Tidak punya motor fokus sehingga hanya bisa manual fokus dengan lensa-lensa yang tidak memiliki motor fokus seperti lensa Nikon AF-D atau Sigma DC.
  • Munculnya flare/bias cahaya pada lensa kit 18-55mm saat menghadap sumber cahaya langsung.

Harga Terbaru Kamera Nikon D5500

buat anda yang ingin memiliki kamera DSLR D5500 ini kamu bisa mendapatkan kamera ini baru dengan harga yang bervariasi tergantung kebutuhan anda berikut ini adalah daftar harga kamera Nikon D5500 yang dapat anda jadikan sebagai gambaran untuk membelinya :

Harga Kamera DSLR NikonHarga Baru Nikon D5500
Nikon D5500 Body OnlyRp 7.300.000,-00
Kamera Nikon D5500 Kit 18-55mm VR IIRp 8.400.000,-00
Nikon d5500 + lensa tamron 17-50 f 2.8Rp 7.900.000,-00
NIKON D5500 Kit 18-140 VRRp 10.500.000,-00

Spesifikasi Nikon D5500

SKUNI743ELAS7VWANID-680124
Tipe BateraiLi-ion
Built in FlashYa
WarnaHitam
Koneksi NirkabelWiFi
Ukuran layar3.2
Jarak Fokus18-55mm
Video HDYa
InputS-Video|HDMI
ISO Range100-25600
Megapiksel24.2
Zoom Optik3.0
OutputS-Video|HDMI
Format FotoJPEG,RAW
Ukuran (L x W x H cm)1x1x1
Garansi produkGaransi Resmi Nikon 1 Tahun
Berat (kg)1
Range Shutter Speed1/4000-30s
Tipe LayarTFT-LCD
Format VideoMOV
Resolusi Video1920×1080