Harga Lumix G7 Terbaru dengan Spesifikasi dan Hasil Foto Lengkap Juli 2019

Panasonic Lumix G7 – Kamera Panasonic mempunyai salah satu produk kamera yang terkenal memiliki kualitas sangat bagus dengan harga yang terjangkau dan banyak sekali pengguna kamera yang menginginkannya, kamera tersebut adalah kamera panasonic Lumix G7. Kamera ini merupakan kamera agak lama yang harganya turun signifikan dari 10 juta hingga sekarang ini harganya menjadi 7 jutaan. Sehingga hal tersebut menjadi daya tarik sendiri untuk membeli kamera yang satu ini.

Riview Spesifikasi dan Harga Kamera Mirrorless Panasonic Lumix G7 Terbaru 2019

Banyak sekali pertanyaan yang muncul dari penggemar kamera masuk segmen mana sih kamera Panasonic Lumix G7 ini? Kamera ini  merupakan sebuah kamera yang masuk pada segmen kamera mirrorless. Kamera Panasonic Lumix G7 didesain dan dibentuk sekitar tiga tahun yang lalu tetapi kamera ini tidak kalah dengan kamera-kamera terbaru saat ini. Kamera ini dibekali dengan sensor kamera micro Four Thirds. Kamera Panasonic Lumix G7 juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang khas dan sangat menarik seperti fitur Post Focus, 4K Photo, DFD autofocus hingga 4K video juga sudah tersedia pada kamera mirrorless ini. Selain itu, kamera ini mempunyai layar LCD yang articulated (dapat dilipat disambung atau bisa juga diputar) yang menambah kebebasan angle baik itu dalam melakukan potret ataupun merekam video, dan tentunya pada kamera ini sudah mempunyai layar LCD yang Support Touch Screen.

Body kamera Panasonic Lumix G7 ini tergolong tidak kecil, banyak sekali kamera mirrorless lainnya yang lebih kecil dari kamera ini tetapi tidak sebesar kamera DSLR. Kamera ini memiliki berat sekitar setengah kilogram dan berbahan Polikarbonat plastik yang dilapisi dengan tekstur karet sehingga membuat kamera ini nyaman untuk digenggam. Pada bagian depan kamera Lumix G7 ini terdapat lensa micro 4/3 yang dapat dipasang sistem lensa Limix ataupun Olympus.

Pada body kamera ini terdapat kendali seperti roda dual, roda drive modem tuas mode fokus dan banyak tombol Fn untuk kustomisasi sehingga hal ini menjadi daya tarik sendiri dari kamera Panasonic Lumix G7 ini. Tidak hanya itu, jendela bidik pada kamera ini sangat menarik dan mengesankan karena mempunyai oled 2,3 juta dot yang sangat jernih dan jelas. Kamera ini juga memiliki layar LCD yang berukuran 3 inchi dengan 1 juta dot yang dapat dilipat dan diputar serta LCD kamera ini bisa melindungi layar lensa dengan cara melipat lensa kedalam menutup.

fitur unggulan lainnya yang dimiliki oleh kamera Panasonic Lumix G7 ini adalah memiliki kelengkapan build-in dlash yang sudah dikombinasikan dengan tempat lampu kilat untuk memasang trigger maupun flash eksternal. pada kamera lumix G7 ini juga memiliki kelengkapan baterai kamera yang terletak dibagian bawah kamera yang berjajaran dengan slod kartu memori ( SD card) yang keduanya terletak bersamaan pada satu pintu untuk membuka keduanya. kamera ini juga telah memiliki kelengkapan lubang mic yang bisa dikombinasikan dengan mic eksternal yang dapat digunakan jika anda ingin mengambil video dengan hasil suara yang bagus. baca juga : Inilah Mode-mode dalam kamera

Jika anda ingin mengubah settingan pada kamera Panasonic Lumix G7 ini anda cukup melakukan perubahan pengaturan dengan menekan roda dan tombol yang ada pada kamera ini, selain itu untuk melakukan pergantian setting kamera ini cukup mudah karena kamera Lumix G7 ini memiliki dua roda ditambah dengan tombol yang berada di tengah roda bisa melakukan perubahan konfigurasi dengan mengganti settingan WB, ISO dll.

Pada kamera ini memiliki drive mode roda tuas yang memiliki tempat yang sangat strategis pada bagian kiri atas pada kamera namun biasanya pengaturan mode ini jarang digunakan atau diputar untuk mengganti setting namun saat kita ingin melakukan perubahan settingan dari single shoot ke coontinuous Shot dapat melakukan perubahan dengan memutar roda pengaturan yang terletak pada sebelah kiri atas ini.

Bukan hanya itu saja roda kamera ini juga memiliki pengaturan untuk melakukan pemilihan 4K photo, bracketing, self timer, dan juga timelapse. untuk tuas mode AF kamera ini sama persis dengan kamera Lumix GH4 yaitu ( mode AF-S/AF-F, Mode AF-C dan Mode MF), yang pada bagian tengahnya memiliki tombol AE/AE lock yang bisa membuat kustomisasi.

Jika kita melihat dalam kamera Panasonic Lumix G7 kita akan menemukan sensor yang ada didalamnya yaitu sensor LiveMOS 16 MP yang sudah dilengkapi dengan low pass filter, selain itu kelengkapan fitur didalamnya ini juga sangat menarik yaitu kamera ini memiliki kinerja shutter yang baik hingga 8 fps dan sync speed untuk flash hanya sampai 1/160 detik selain itu iso kamera ini juga memiliki rentang iso mulai dari 200 sampai dengan iso tertinggi 25.600.

yang menjadi keunggulan pada kamera Panasonic Lumix G7 adalah memiliki shutter elektronik yang sama sekali tidak bersuara dan tidak menggerakkan shutter sehingga dapat memperpanjang usia shutter, selain itu kelebihan lainya dari fitur ini adalah kita dapat melakukan shoot kontinu, walaupun live view pada layar LCD kamera ini akan non aktif saat melakukan pengambilan foto. Selain itu fitur yang tak kalah menariknya dari kamera lumix G7 ini adalah pada prosesor ini sudah mampu melakukan pengolahan gambar yang banyak sekali seperti gambar 4K, dan juga video 4k dan juga dapat memproses data yang ada dengan begitu cepat saat kita melakukan live view. Namun saran dari kami sebaiknya menggunakan kartu memori dengan kecepatan yang tinggi sehingga akan membantu mendukung kecepatan kamera ini.

Pada kamera Panasonic Lumix G7 memiliki sistem auto fokus yang bagus karena telah didukung dengan teknologi baru DFD sehingga jika kita ingin mengambil fokut terhadap obyek gambar maka akan mendapatkan fokus gambar dengan waktu yang sangat cepat dan tentunya kamera ini memiliki kecepatan autofokus lebih baik dari kamera generasi sebelumnya yaitu Lumix G6.

Pada kamera Lumix G7 ini memiliki banyak sekali mode auto fokus yang ada didalamnya seperti halnya mode kamera AF-F dan mode kamera AF-C yang biasa digunakan untuk mengambil fokus pada benda bergerak. hal lainnya yang membuat kamera ini sangat menarik yaitu kamera ini dapat memilih area fokus yang diinginkannya seperti memilih area tertentu, mendeteksi wajah atau auto, atau juga dapat membuat area fokus manual sendiri sesuai dengan keinginan kita bahkan yang menarik dari G7 ini adalah dapat dengan mudah mendapatkan fokus kamera pada kondisi yang gelap hingga -4 Ev.

Jika anda ingin melakukan setting kamera lumix G7 ini anda dapat melakukan pengaturan dengan menggunakan 5 tombol fisik yang bisa anda katum sesuai dengan keiingan anda. seperti tombol Fn yang biasanya tombol ini bisa digunakan untuk mengatur settingan gambar seperti Fn1 biasanya digunakan untuk melakukan kompensasi eksposur, dan juga pada FN2 ini digunakan untuk Quick menu, Fn3-4-5 bebas kita atur sendiri.

Jika kita kurang puas dengan pengaturan tersebut anda bisa menambahkan hingga Fn9 namun dengan soft button alias menyentuh layar. biasanya bagi yang baru menggunakan kamera ini merasa bingung dan kesusahan melakukan kendali selain dengan tombol yang disediakan namun jika anda merasa kebingungan dan tidak bisa melakukan setting sebaiknya anda menggunakan mode Auto atau mode Scene. selain itu anda juga bisa menggunakan beberapa filter digital seperi filter old days, pop photo, monochrome dll.

jika ingin mengambil video dari kamera Lumix G7 ini lebih bagus anda dapat menggunakan mode manual movie dengan bebas mengatur shutter speed, aperture dan ISO yang diinginkan. selain itu pada kamera ini juga menyediakan beberapa pilihan format video seperti AVCHD dan MP4, selain itu pengguna kamera ini juga dapat mengatur kamera dengan kualitas hasil video 4K 3840×2160 25p.

jika kita lihat dari penggunaan kamera ini pasti anda akan mendapatkan sensasi yang menarik dan nyaman, baik dengan interaksi antara pengguna dan kameranya karena memiliki hasil foto yang baik dan tentunya membuat pengguna semakin terpana dengan hasilnya.

selain itu tampilan menu dan Quick menu yang ada pada body kamera ini menunjukan ciri khas dari kamera Panasonic ini, walaupun kamera ini rumit namun jika kita sering menggunakan kamera ini pasti akan terbiasa dan juga akan bisa dengan mudah mengendalikannya, pada kamera ini memiliki sedikit kekurangan pada fitur sepeti auto iso yang memiliki basis minim shutter speed. Dan juga pada kamera ini tidak ada tombol untuk langsung memotret pakai RAW. Informasi di LCD memang terasa ‘ramai’ apalagi kalau diaktifkan semua seperti touch tab (di sisi kanan), histogram, level horizon dan mic indicator, maka tampilan di layar akan terlihat penuh sesak.

jika melihat hasil foto yang ada di kamera Panasonic Lumix G7 ini pasti terpesona karena kamera ini dapat menangkap hasil jepretan kamera yang memiliki gradasi warna dan memiliki gambar yang detail. dengan adanya sensor sensor 16 MP ini dan dengan menggunakan low pass filter maka hasil ketajaman gambar tang dihasilkan kamera ini masih kalah dengan kamera yang sudah memiliki sensor modern seperti kamera GX85 atau G85.

kekurangan lainnya pada kamera Lumix G7 ini adalah jika kita mengambil gambar dengan ISO yang tinggi ( > ISO 1600) maka gambar akan sedikit noise yang lebih banyak dibandingkan kamera yang memiliki sensor lebih besar seperti kamera dengan sensor APS-C atau full frame. namun jika kita bisa menjaga dengan pengambilan gambar menggunakan iso dibawah 1000 maka kualitas gambar dari kamera ini akan bisa cemerlang dan istimewa. dan juga kita dapat melakukan parameter supaya gambar yang akan kita edit sesuai dengan minat kita.

yang membuat kamera Panasonic Lumix G7 ini adalah memiliki pengaturan curve (Shadow highlight) yang bisa disimpan sebagai preset, dan juga memiliki peningkatan ketajaman (inteligent Resolution),mengatasi vinyet (shading compensation), dan inteligent dynamic range untuk kontras tinggi.

Dan jika kita memilih untuk melakukan digital tele converter untuk menambah jangkauan lensa asal pilihan megapikselnya diturunkan (mirip seperti cropping, tapi ini langsung jadi). Yang agak mengejutkan adalah fasilitas bonusnya berlimpah, seperti timelapse, panorama, multiple eksposur hingga pengubahan dari RAW ke JPG yang banyak parameter editing sehingga membantu saat jauh dari laptop tapi ingin segera edit foto RAW. Hadirnya teknologi 4K photo dan post focus akan membantu saat kita memerlukannya.

Leave a Comment