Harga Kamera Canon EOS 80D September 2019

Kamera DSRL Canon EOS 80D –  merupakan kamera penerus dari generasi kamera yang sebelumnya yaitu Canon EOS 70D. Kamera Canon ini juga mendapatkan 45 point AF system hybrid baru dengan semua point menjadi cross-type.

Hal ini merupakan langkah dari sistem AF 19-point pada kamera 70D. Kamera Canon EOS 80D ini juga dilengkapi dengan sensor terbarunya, yaitu 24.2 MP APS-C CMOS.

Kamera Canon EOS 80D ini mengusung image processor DIGIC 6. Kamera ini juga mempunyai rentang ISO 100 sampai dengan 16000 dan rentang ISO untuk videonya mencapai 100 sampai dengan 12800, keduanya dapat dimaksimalkan ukurannya hingga 25600.

Kamera Canon EOS 80D ini juga didukung dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF untuk dapat meningkatkan akurasi autofocus. Kamera Canon EOS 80D ini mempunyai sistem AF 45 point, atau tiga kali lebih besar dari EOS 70D yang hanya memiliku AF 19 point.

Baca juga: Harga Kamera Canon EOS 60D

Kamera DSLR Canon EOS 70D ini menggunakan vari-angle display Clear View LCD II yang memiliki ukuran 3 inchi, built-in WiFi serta didukung pula dengan adanya NFCTM2 guna memudahkan saat kita hendak mengirim gambar ataupun video pada ponsel yang kompatibel.

Kamera ini juga mempunyai kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 1080/60fps dalam format mp4 supaya nantinya akan lebih mudah untuk bisa diunggah di berbagai media sosial. Kamera Canon EOS juga didukung dengan fitur video HDR, Time-lapse serta filter movie creatif. Canon juga terus menerus melakukan pembaharuan terutama untuk teknologi kameranya pada kelas semi-pro/menengah untuk dapat menyesuaikan dengan era multimedia sekarang ini.

Sementara itu, ada beberapa fitur pada kamera Canon EOS 80D ini yang mirip dengan 70D, termasuk didalamnya yaitu bentuk body dan juga bahannya, kecepatan foto berturut-turut yang bisa mencapai 7 foto per detiknya, layar LCD putar dengan ukuran 3 inchi, 1 juta titik dengan fitur LCD layar sentuh serta fitur WiFi-nya.

Selain kamera, Canon juga mengenalkan produknya yang lain, yakni lensa terbarunya yaitu EF-S 18-135 mm IS USM dan juga aksesoris power zoom yang memang sangat cocok dan pas untuk dapat digunakan para videografer. Perbedaan utama pada lensa ini ialah motor fokusnya yang lebih cepat.

Canon 80D diperkirakan tersedia di bulan Maret 2016, biasanya tersedia di Indonesia 1-2 bulan setelahnya. Harganya US$1200 untuk body kamera saja (Rp 16.1 jt) dan US$1799 dengan lensa 18-135mm baru (Rp 24 jt).

Menurut saya, Canon 80D tidak banyak berinovasi, hanya berevolusi dengan meningkatkan apa yang sudah ada. Sebagai penguasa pangsa pasar kamera DSLR, Canon punya keuntungan strategis untuk mengeluarkan produk yang cukup bersaing tanpa harus terlalu berinovasi.

Saingan terdekat Canon 80D adalah Nikon D7200. Dibandingkan penawaran Nikon, Canon 80D dapat menyamai fitur-fitur dalam hal fotografi, tapi di segi videografi Canon 80D jauh lebih unggul karena teknologi live view, autofokus dual pixel dan layar sentuhnya lebih baik. Untuk kualitas foto seperti kondisi gelap dan dynamic range, Nikon sedikit lebih unggul.

Di sektor kamera mirrorless, saingan 80D cukup berat, disana telah menunggu Sony A6300, si cabe rawit yang siap menghadang. A6300 merupakan lawan berat Canon 80D karena sistem autofokus Sony A6300 sangat cepat, kecepatan foto berturut-turut lebih cepat, dan ukurannya sangat ringkas dan ringan dan mampu merekam video sekualitas 4K. Harganya juga lebih murah, tapi A6300 tidak punya layar sentuh, dan kapasitas baterainya lebih kecil.

Meskipun peningkatannya terlihat biasa-biasa saja, namun Canon EOS 80D saya perkirakan tetap akan cukup populer meskipun tidak sepopuler kamera generasi sebelumnya seperti 60D. Hal ini karena fotografer baik hobi maupun pro mulai melirik kamera yang lebih ringkas dan ringan. Kamera ini paling cocok untuk foto-videografer semi-pro terutama yang saat ini memiliki kamera DSLR pemula seperti 600-700D atau Canon 60D dan beberapa lensa Canon.

Review Kamera Canon EOS 80D

Sensor

Sensor yang digunakan pada kamera baru Canon EOS 80D merupakan sensor APS-C CMOS 24.2 Megapixel. Sensor ini dianggap bisa sangat membantu dalam menghasilkan gambar menakjubkan dengan resolusi dan detail yang tinggi. Namun tidak hanya mengandalkan hasil gambar beresolusi tinggi saja, dengan sensor canggih tersebut diharapkan Canon juga memberikan fitur pixel individu yang halus, dengan demikian memungkinkan kecepatan ISO tinggi hingga 16000 untuk foto dan bisa diupgrade hingga 25600.

Sedangkan untuk merekam video kamera bisa menggunakan ISO 12800 dan bisa ditingkatkan hingga 16000 atau 25600. Dengan dilengkapi oleh resolusi sensor yang tinggi dan juga sensitivitas yang tinggi, sensor EOS 80D akan bekerja sama dengan mesin pengolahan gambar DIGIC 6 untuk mengaktifkan Dual Pixel CMOS AF selama digunakan untuk operasi live view, atau saat menangkap video Full HD 60fps dan Full HD HDR movies.

Image processor

Memanfaatkan mesin pengolah gambar DIGIC 6, Canon EOS 80D bisa membantu memberikan gambar yang sangat baik dan kecepatan pemrosesan untuk pengoperasian foto maupun video. Dengan mesin pengolahan gambar tersebut sensitivitas cahaya yang tinggi memungkinkan untuk menggunakan resolusi tinggi dengan lebih sedikit noise untuk pengambilan gambar pada kondisi rendah cahaya menggunakan ISO 12800.

Prosesor gambar DIGIC 6 juga merupakan kekuatan dari Canon untuk memberikan kemampuan kerja kamera, salah satunya adalah memberikan resolusi berkecepatan tinggi secara penuh untuk continous shooting foto dan koreksi distorsi dalam kamera. Kemampuan merekam video dengan format MP4 akan menyediakan kopatibilitas yang baik dengan perangkat mobile maupun tablet.

Kompres tinggi video MP4 tidak hanya menjaga ruang pada memory card saja, akan tetapi juga meningkatkan playback pada perangkat mobile. Sedangkan merekam video HD menggunakan fitur HDR movie memberikan kreativitas yang lebih luas.

Baca juga: Harga Kamera DSLR Canon EOS 70D

Dual Pixel CMOS AF

Menggunakan sistem autofokus baru dengan memanfaatkan Dual Pixel CMOS AF bisa membantu pengguna dalam merekam video dengan halus, cepat dan autofokus yang akurat, serta menembak gambar diam lebih mudah dan juga autofokus yang tepat. Sistem AF yang telah ditingkatkan ini membantu autofokus secara cepat dan halus selama live view dan shooting film.

Secara mudah dapat dijelaskan bahwa sistem autofokus meningkatkan kecepatan, melakukan pelacakan secara halus dan kompatibilitas dengan semua lensa EF dan EF-S. Sistem autofokus ganda ini merupakan teknologi yang sangat diunggulkan, mampu menyediakan stellar AF dan pelacakan yang baik bahkan dalam kondisi pemotreatan yang sulit sekalipun.

Teknologi Canon yang satu ini dimungkinkan dengan menempatkan dua dioda per pixel, bukan cuma satu, dengan demikian memungkinkan setiap pixel untuk melakukan perbedaan fase deteksi autofokus. Hal ini berarti AF cepat, AF akurat dan hampir tidak kehilangan kualitas gambar dengan cakupan diperpanjang sekitar 80% dari image plane.

Manfaat yang jelas dari Dual Pixel CMOS AF untuk video shooting adalah membawa adegan dan subjek mejadi fokus merupakan elemen penting sebagai komposisi akhir. Pada kamera ini Dual Pixel CMOS AF membantu memastikan fokus dicapai secara alami dan tepat, bahkan ketika beralis antara subjek. Dikombinasikan dengan kekuatan prediksi dari ovie Servo AF, subjek yang bergerak lebih lancar dan secara konsisten dilacak.

45-point all cross-type AF system

Untuk operasi tingkat lanjut dari sistem AF, EOS 80D memiliki erea yang luas dengan 45-point all cross-type AF system (jumlah titik AF, cross-type titik AF dan dual cross-type titik AF bervariasi dan tergantung pada lensa yang digunakan). Meskipun dalam kondisi cahaya yang redup, sistem ini telah meningkatkan kinerja pencahayaan rendah hingga EV-3 dan kompatibel dengan kebanyakan lensa EF (lensa dengan aperture maksimal f/8 atau lebih tinggi, untuk beberapa lensa dengan extender yang terpasang mungkin akan beroperasi pada maksimal 27 poin).

Sistem ini juga memiliki 4 jenis mode pilihan area AF yang berguna untuk situasi AF yang berbeda. Pilihan tersebut termasuk Single-point AF, Zona AF, di mana pengguna dapat memilih salah satu dari 9 zona AF yang telah ditetapkan. Besar zona AF dimana saah satu dari tiga zona bisa dipilih, dan 45-point AF merupakan pilihan auto, dalam hal ini kamera mendeteksi titik AF secara otomatis.

Intelligent Viewfinder

Jendela bidik cerdas yang digunakan pada kamera ini memberikan pandangan yang cerah dan komprehensif. Intelligent viewfinder membantu membawa pengguna ke dalam sensai fotografi SLR untuk setiap penggunaan. Intelligent viewfinder ini memberikan cakupan pandangan sekitar 100%, dan dengan semua pengaturan yang mudah intelligent viewfinder membantu pengguna menjaga mata pandangan pada subjek, dengan demikian gambar dapat ditangkap pada waktu yang tepat. Intelligent viewfinder menampilkan titik AF dan mode AF, memiliki layar grid, tingkat elektronik horizontal dan ditambah berbagai poin informasi lain, llebih hebatnya lagi semua itu bisa disembunyikan untuk fokus secara manual atau pada saat pengguna hanya ingin mengamati subjek tanpa semua parameter gambar yang ditampilkan.

7.0 fps continuous shooting

Canon EOS 80D seperti dijelakan sebelumnya memiliki kinerja dengan kecepatan dan keakuratan tinggi. Demikian juga untuk menembak gambar terus menerus, EOS 80D merupakan kamera yang sangat luar biasa dengan kecepatan 7.0 fps. Rana yang luar biasa dipadukan dengan kecepatan dan elektronik yang canggih, membantu memastikan respon kilat dan kinerja. Suatu adegan yang terjadi dengan cepat dapat ditangkap dari waktu ke waktu, detik demi detik, sehingga sebuah adegan yang terjadi secara singkat bisa saja ditangkap dalam kejelasan yang tinggi.

Vari-angle Touch Screen 3.0-inch Clear View LCD Monitor II

Kamera baru Canon ini hadir dengan Vari-angle Touch Screen 3.0-inch Clear View LCD Monitor II untuk membantu dalam pengambilan gambar video dan stills dari berbagai sudut, tinggi maupun rendah bahkan hingga 270 derajad rotasi vertikal dan 175 derajad rotasi horizontal. Baik melakukan penembakan dengan tripod atau digenggam, layar LCD ini tetap unggul dalam pembuatan film hampir dari sejumlah sudut dan posisi, sehingga kamera ini dapat digunakan dengan mudah untuk merekam berbagai adegan secara langsung.

Layar sentuh yang sensitif mampu mmeberikan intuitif operasi panel sentuh. Gestur dengan sentuhan dua jari bisa digunakan untuk zoom atau mengubah gambar. Menu dan pengaturan cepat bisa dengan mudah diakses, sedangkan titik fokus dan shutter release bisa diaktifkan dengan sentuhan ujung jari menggunakan Touch AF. Layar ini menampilkan detail halus dengan sekitar 1.04 juta titik. Monitor ini juga dilapisi dengan lapisan tahan noda untuk membantu meinimalisir sidik jari dan mempertahankan kecerahan, bahkan dalam kondisi terang.

Daya tahan shutter

Canon EOS 80D dilengkapi dengan sistem shutter mekanik kukatan tinggi dan kecepatan yang dikontrol secara elektronik dari 1/8000 hingg 30 detik. Dengan peningkatan mirror drive memungkinkan kecepatan tinggi, kinerja rendah getaran, dan bahkan memilikimodus diam hingga 3 fps, terus menerus dan penggunaan tenang. Shutter rate mencapai 100.000 exposure, hingga bisa diprediksi waktu kinerja yang handal time after time dan frame after frame.

Baca juga: Harga Kamera Canon EOS 40D

Built-in Wi-Fi dan NFC

Teknologi lain yang juga sangat penting sebagai kamera modern adalah ditanamkannya teknologi nirkabel yang tepat di dalam desain yang kompak. Pengaturan axposure kamera, seperti aperture, shutter speed, ISO, fokus dan shutter bisa dioperasikan secara nirkabel menggunakan iOS atau Android perangkat yang kompatibel memanfaatkan aplikasi gratis Canon Camera Connect.

Dengan teknologi ini pengguna bisa melakukan penembakan dari jarak jauh, Bahkan dalam mode live view, untuk menembak pada posisi yang sulit untuk capture. Untuk meninjau gambar pada kamera ini pengguna bisa melakukannya tanpa harus mengeluarkan kamera dari dalam tas dan bisa mentransfer dan menyimpan gambar langsung dari kamera ke smartphone.

Built-in NFC (Near Field Communication) membantu menyediakan koneksi hampir tanpa batas ke berbagai smartphone/tablet berbasi OS Android yang kompatibel dan Canon Connect Station CS100. Untuk mentransfer foto aupun video cukup dengan menekan tombol kamera ke Connect Statin CS100 maka transfer berjalan.

Kelebihan Kamera Canon EOS 80D Dibandingkan 77D

  • Shutter speed maksimum adalah 1/8000 detik di 80D vs 1/4000 detik pada 77D = Akan sangat berguna ketika mengunakan lensa bukaan besar di outdoor agar foto tidak terlalu terang
  • Maksimum sync speed 1/250 vs 1/200 detik = Berguna untuk mengendalikan cahaya ambient/lingkungan saat mengunakan flash
  • Jendela bidik pentaprisma vs pentamirror = Lebih jelas
  • Perbesaran dan cakupan viewfinder = Untuk 80D (.95x / 100%) dibandingkan (.82x / 95%) = Ketika memotret dengan jendela bidik, akan lebih akurat dalam komposisi dengan 80D karena fotografer dapat melihat hingga keujung-ujung frame, tidak ada yang kepotong.
  • Tombol-tombol dan roda yang ada di 80D lebih besar dan lebih mudah untukdijangkau
  • Kinerja keseluruhan kamera akan lebih cepat 80D, termasuk foto berturut-turut
  • Canon 80D mempunyai aksesori battery grip untuk pegangan yang lebih stabil terutama ketika memotret vertikal atau mengunakan lensa besar, juga untuk mengurangi keperluan dalam mengganti baterai.
  • Kapasitas baterai 80D jauh lebih besar (960 foto vs 600 foto)
  • 80D weathersealed, tentunya akan lebih tahan air hujan dan debu

Spesifikasi Kamera Canon EOS 80D

FITUR SPESIFIKASI
Ukuran (L x W x H mm) 139 x 105 x 78,5 mm
Berat (kg) 0.7
Warna Hitam
Tipe Canon EOS 80D
Ukuran Layar (in) 3.0
Megapiksel 24.2
Fitur HD Recording|Image Stabilization|Wide Angle
Garansi produk 1 Tahun Garansi (Spare-part dan Servis)
Input USB
Output Component Video|Composite Video|3.5mm jack|USB|HDMI
Resolusi Layar 6000 x 4000
Tipe Baterai Li-Ion
Format Foto JPEG, RAW
Format Video MOV, MPEG-4 AVC/H264
Video HD Ya
Resolusi Video 1920×1080
Range Aperture Lensa f/3.5-5.6 IS STM Lens
ISO Range 100-25600
Range Shutter Speed 30 – 1/4000 detik
Built in Flash Ya
Tipe Memory Card SD/SDHC/SDXC
HDMI Port Ya
Baterai Lithium-Ion Battery Pack
Tipe Layar Clear View LCD

Harga Kamera Canon EOS 80D

Seperti yang sudah diumumkan harga Canon EOS 80D beberapa bulan yang lalu, kamera keluaran terbaru canon mempunyai harga yang sesuai dengan spesifikasi diberikan canon ini, dan harga terbarunya Rp. 23.400.000.

Sekian informasi seputar Canon EOS 80D. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment