Fujifilm XA1 Review Lengkap, Spesifikasi dan Harga Terbaru November 2019

Harga Fujifilm XA1 – Setelah perusahaan kamera Fujifilm sukses dengan kamera tipe X-series-nya, akhirnya Fujifilm kini kembali merilis produk-produk kamera mirrorless, yaitu kamera Fujifilm XA1. Kamera ini merupakan kamera mirrorless yang kualitasnya sama dengan kamera DSLR. Kamera Fujifilm XA1 ini tampil elegan dengan lensanya yang bisa diganti-ganti.

Selain itu, kamera Fujifilm ini juga sudah menggunakan sensor APS-C yang dapat memberikan efek bokeh yang sangat cantik. Gambar untuk kamera pada resolusi ini didukung dengan resolusi sebesar 16,3 MP, namun ukurannya lebih kecil. Dengan harga yang lebih murah dari kamera sebelumnya, Fujifilm XA1 ini bisa jadi pilihan untuk Anda, untuk para fotografer pemula.

Spesifikasi dan Harga Terbaru Kamera Fujifilm XA1 Pembaruan 2019

Kamera Fujifilm XA1 ini dibekali dengan resolusi 3 inci, dengan kualitas HD 920k dot hingga 90 derajat. Dilengkapi dengan desain miring, desain ini dibuat untuk memudahkan Anda yang ingin melipat layarnya ke atas atau ke bawah tergantung pada kebutuhan Anda saat mengambil gambar.

Dengan kecepatan 5,6 frame per detik yang mampu melakukan pengambilan gambar dengan cepat hingga 30 frame. Dengan hal tersebut, maka tak akan ada momen-momen yang terlewatkan. Anda juga bisa menggunakan sesuai dengan burst tinggi atau lambat. Selain itu, Anda juga dapat membagikan hasil gambar Anda langsung dari kamera melalui koneksi WiFi. Sebenarnya Tombol WiFi sudah tersedia di bagian atas kamera hingga Anda bisa langsung mentransfer ke smartphone atau tablet tanpa perlu menggunakan ID dan kata sandi.

Kamera Fujifilm XA1 ini juga dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS & PROSESOR EXR II untuk keperluan filter optik yang biasa dipakai pada sistem konvensional untuk mengatasi pola yang berulang (moire) dengan menggunakan resolusinya. Pengaturan acak yang unik pada susunan filter warnanya juga sangat efektif digunakan untuk meningkatkan efisiensi pada fotografi dengan sensitivitas tinggi.

Keuntungan lain yang dapat dinikmati dari sensor APS-C ini adalah kemampuannya dalam memberikan efek ‘bokeh’ (efek tidak fokus atau blur yang estetis). Dengan spesifikasi layar yang telah ada di atas juga dapat membantu Anda untuk mengambil sudut yang lebih tinggi dan mengambil gambar atau video dari sudut pandang yang unik agar dapat menghasilkan lebih banyak yang menarik.

Dikemas dengan bodi yang ringkas, kamera ini terasa sangat ergonomis kompilasi digenggam. LCD hanya dapat digunakan sekarang Hanya dengan satu tangan saja dengan semua tombol Tetap di bagian kanan LCD membuat Anda mudah dikendalikannya. Tampilannya pun elegan dan bergaya dengan finishing metal dan kulit yang ditambahkan retro namun tetap modern.

Dengan kecepatan 5,6 frame per detik, Kamera Fujifilm X-A1 dapat memotret kejadian yang berlangsung dengan cepat hingga 30 frame. Kini tak ada alasan momen-momen berharga yang cepat berlalu akan mudah hilang. Dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan burst tinggi atau lambat.

Bagikan hasil bidikan Anda Langsung dari kamera melalui koneksi Wi-Fi. Hanya tersedia tombol Wi-Fi pada bagian atas kamera sehingga Anda dapat langsung mentransfer ke smartphone atau tablet tanpa perlu ID atau kata sandi.

Didukung dengan 4 pilihan fungsi bracketing otomatis (AE, ISO, Sensitivitas, Dynamic Range dan Simulasi Film). Fujifilm X-A1 memberikan Anda untuk merasakan pengalaman fotografi dunia yang begitu luas. Gambar yang dapat diambil dengan hati-hati.

Sistem perolehan gambar yang ada di Fujifilm X-A1 menyediakan sensitivitas ISO hingga 25.600 dalam pengaturan normal. Entah untuk di dalam ruangan atau saat malam, Anda tetap dapat membuat gambar dengan noise yang sedikit, gradasi warna maksimal juga warna alami, tanpa menggunakan lampu flash.

Kelebihan dan Kekurangan Fujufilm X-A1

Fitur paling menyenangkan dari kamera ini adalah Wi-Fi. Dengan demikian saya bisa langsung membagikan di  media sosial  atau untuk kebutuhan artikel blog tanpa perlu repot ke komputer atau laptop. Ukurannya pun langsung terkompresi jadi saya tak perlu repot-repot mengubah ukuran.

Memang jika di blog saya hanya butuh resolusi 1024 x 683. Jadi transfer lewat Wi-Fi yang ditanamkan di kamera ke ponsel sudah mencukupi untuk saya. Waktu transfernya file fotonya pun cepat dari kamera ke  Smartphone .

Sementara untuk media cetak tidak ada masalah. Saya memberikan beberapa hasil foto ini untuk tulisan di media cetak dan tidak ada masalah kompilasi ditambahkan di halaman majalah atau koran.

Kemudian kelebihan yang kedua jelas adalah ketajaman warnanya. Memang benar-benar hidup warna yang dikeluarkan. Saya dulu yang mengagumi warna dari DSLR andalan saya pun dibuat takjub dengan ketajaman warna yang diolah kamera saya. Entah sepertinya memang sudah langsung k ** k dengan hasil warnanya.

Kekurangan lain dari FUJIFILM X-A1 tidak dimunyai optical viewfinder. Namun kelemahan FUJIFILM X-A1 pada viewfinder ini bukan menjadi masalah besar, karena banyak jenis mirrorless lainnya yang tidak dilengkapi dengan optical viewfinder.

Sebenarnya optical viewfinder tidak terlalu diperlukan jika kamera kita masih cukup banyak, sehingga untuk melihat pratinjau objek yang akan kita foto dapat menggunakan LCD yang tersedia di bagian belakang bodi kamera FUJIFILM X-A1 ini seperti yang sudah tersedia sebelumnya.

Tapi memang semakin sering kita menggunakan LCD, maka akan semakin boros baterai kamera kita, semakin mudah untuk membeli baterai cadangan untuk hal-hal yang tidak boleh di inginkan.

Spesifikasi Kamera Fujifilm X-A1

Ukuran (L x W x H cm) 10 x 3 x 6 cm
Berat (kg) 0,1 kg
Warna Hitam
Tipe Fujifilm X-A1
Ukuran Layar (dalam) 3.0
Fitur Perekaman HD | Stabilisasi Gambar | Sudut Lebar
Garansi produk 1 Tahun Garansi (Suku Cadang dan Servis)
Memasukkan USB
Keluaran Video Komponen | Video Komposit | USB | HDMI
Port USB Ya
Resolusi Layar 920K titik
Jenis Baterai Li-Ion
Memformat Foto JPEG / RAW
Ukuran File Foto 5184 × 3456
Memformat Video MOV
Video HD Ya
Resolusi Video 1920 × 1080
Focal length 16-50 mm
Stabilisasi gambar Ya
Rentang ISO 100-25600
Rentang Kecepatan Rana 1 / 4-1 / 4000 detik
Kartu Memori Tipe SD / SDHC / SDXC
Port HDMI Ya
Tipe Layar LCD

Harga Kamera Fujifilm X-A1

Saat pertama kali dirilis, kamera Fujifilm X-A1 dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5,7 juta – Rp 7 jutaan untuk versi double kit 16-50 mm. Akan tetapi, versi baru dari Fujifilm X-A1 jarang bisa ditemui di pasaran karena kini sudah muncul X-A2 dan deretan kamera mirrorles baru lainnya dari Fujifilm. Apabila anda tertarik untuk membeli kamera Fujifilm X-A1, maka anda bisa mencari kamera Fujifilm ini dalam kondisi bekas alias second.  Harga  Fujifilm X-A1 second saat ini sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 2,9 juta sampai Rp 3,7 jutaan untuk versi body only tanpa lensa tambahan. Sementara itu, versi kit XC 16-50 mm harga bekasnya adalah sekitar Rp 4,8 jutaan.

Perlu Anda ketahui bahwa harga kamera Fujifilm X-A1 dapat berubah sewaktu-waktu dan untuk versi bekasnya tergantung dari kelengkapan dan juga kondisi barang itu sendiri. Jika kondisi kamera Fujifilm X-A2 yang dijual masih baik atau mulus maka harga yang dipatok akan lebih tinggi. Anda pun bisa mencari kamera Fujifilm X-A1 di berbagai situs jual beli toko online atau toko-toko kamera yang menjual kamera kedua.

Leave a Comment