Fujifilm X-T1 Harga, Review, Spesifikasi Lengkap Terbaru Mei 2019

Harga Fujifilm X-T1 – Fujifilm X-T1 ini merupakan salah satu kamera kebanggaan yang telah berhasil diproduksi oleh Fujifilm, sebab kamera ini termasuk dalam kamera mirrorless yang sedang banyak diminati sekarang ini. Tentunya semua penggemar fotografi sudah tak asing lagi dengan kamera ini, bahkan kamera Fujifilm X-T1 ini juga bisa dibilang merupakan salah satu kamera yang di-idamkan banyak orang.

Fujifilm X-T1 : Review Spesifikasi Kamera Terbaik dan Harga 2019

Sebagai kamera terbaru yang diciptakan untuk bisa memenangi penghargaan dalam rangkaian kamera dengan seri X, Fujifilm X-T1 yang merupakan kamera premium dengan lensa tukar ini mengembangkan gaya dengan menggunakan kamera SLR, kenop mekanis dan juga tahan cuaca (ketika dipasangkan dengan dudukan lensa X tahan cuaca), dilengkapi pula dengan keunggulan-keunggulan lain dari kamera seri X, seperti misalnya ukurannya yang sesuai, kemudahan dalam pergerakannya serta kecepatan kinerja kameranya yang tinggi. Tak hanya itu saja, kamera ini juga melakukan pengembangan fitur jendela bidik elektronik yang hasil akhirnya hampir tidak bisa atau sulit dibedakan dengan hasil akhir pada jendela bidik optik. Hal ini atas dukungan dari kecepatan tampilannya yang memang sangat cepat sekali.

Review Lengkap Kamera Fujifilm X-T1

Kamera mirrorless Fujifilm X-T1 ini biasanya banyak dipilih oleh para penggemar fotografi yang sudah pernah memakai kamera DSLR namun ingin mencari kamera pengganti atau kamera alternatif yang lebih ringan. Lalu apakah Fujifilm X-T1 ini benar-benar mampu menggantikan kamera DSLR atau bahkan bisa lebih baik dari kamera DSLR?

Konsep Desain

Berbeda dengan kamera DSLR Fujifilm lainnya, Fujifilm X-T1 ini tampil kokoh dengan material body dari bahan magnesium alloy yang sangat nyaman saat digunakan. Kamera ini juga menjadi kamera pertama dari Fujifilm yang hadir dengan desain body lebih tangguh dan dilengkapi dengan fitur anti debu serta tahan cuaca. Desainnya sendiri diadaptasi dari kamera SLR analog yang dilengkapi dengan beberapa tombol dial pada bagian atas body-nya yang bisa dioperasikan dengan mekanisme kunci dan juga putar dalam melakukan setting kamera. Mekanisme ini mungkin akan sedikit membuat bingung, utamanya bagi para pemula (pengguna awam) hingga saat melakukan pengaturan kameranya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi, jika sudah terbiasa, akan terasa lebih cepat dan juga mudah sebab kita sudah tak perlu lagi bergantung pada layar LCD saat akan melakukan setting kamera ketika memotret.

Layar LCD milik Fujifilm XT-1 hadir dalam ukuran layar 3-inci dengan tingkat kerapatan pixel 1.040.000 titik. Selain memiliki tingkat kecerahan layar yang amat baik, layarnya bisa diatur sudutnya 90 derajat ke bawah. Cukup disayangkan layarnya belum dilengkapi dengan teknologi sentuhan seperti DSLM premium lain. Sebagai gantinya bagian layarnya sudah ditambahkan lapisan pelindung. Flash internal juga absen di X-T1 dan sebagai gantinya Anda akan mendapatkan flash eksternal mungil yang harus ditancapkan ke hotshoe jika ingin memotret dengan flash.

Untuk tata letak tombol, penempatan tombol pada XT-1 sudah sangat baik dengan ukuran tombol yang relatif besar dan nyaman untuk ditekan. Namun tombol D-Pad 4 arahnya terasa kurang nyaman ditekan mengingat desain tombol yang sedikit kurang menonjol.

Keunggulan dari Fujifilm XT-1 adalah kehebatan lubang intip elektronik yang dibawanya. Bagi kami, lubang intip elektronik (EVF) Fujifilm XT-1 adalah yang terbaik diantara kamera DSLM yang ada saat ini. Selain memiliki resolusi yang tinggi, EVF miliknya mampu menghadirkan tampilan dengan pergerakan sesuai aslinya. Dengan refresh rate yang amat baik, hampir tidak ada lag saat Anda membidik subyek yang bergerak.

Keunggulan lain, EVF miliknya telah dilengkapi mode Dual untuk mempermudah foto macro dan antarmuka EVF ini juga secara otomatis akan berubah mengikuti posisi kamera pada posisi landscape ataupun portrait.

Antarmuka dan Fitur Kamera Fujifilm X-T1

Tampilan menu XT-1 sangat jelas dan mudah dipahami. Kehadiran tombol Quick Setting (Q) di samping layar juga sangat praktis untuk akses pengaturan kamera yang sering digunakan seperti untuk melakukan pengaturan white balance, memilih ukuran file, mode warna dan lainnya.

Tidak ketinggalan tersedia koneksi WiFi untuk terhubung dengan perangkat lain. Saat mencobanya kami berhasil menghubungkan XT-1 ke smartphone yang kami miliki dengan cukup cepat. Lewat bantuan aplikasi Fujifilm Camera App yang dimilikinya, Anda bisa memindahkan hasil foto dari kamera ke smartphone atau tablet hingga menjadikan smartphone sebagai remote untuk menekan tombol shutter.

Sama seperti DSLM Fujifilm lain, XT-1 juga tetap dilengkapi mode Film Simulation yang menyimulasikan karakter film seluloid legendaris Fujifilm. Seperti misalnya, Velvia, Provia, Astia dan beberapa filter hitam putih . Untuk efek filter foto, Anda masih mendapatkan toy camera, miniature, dynamic tones dan mode panorama untuk foto landscape yang lebih maksimal.

Performa Kamera Fujifilm X-T1

Kemampuan kamera ini dalam hal auto fokus juga sangat mengagumkan dengan kemampuan mencari dan mengunci fokus yang sangat cepat dan akurat. Performa Automatic White Balance (AWB) cukup akurat dan kendali ISO tingginya juga amat baik dengan hasil foto yang yang masih bersih noise ISO hingga pengaturan ISO 6400. Singkatnya, tanpa perlu melakukan banyak pengaturan kamera, kemampuan sensor dan prosesor yang dimilikinya sudah mampu menyajikan hasil foto yang tajam dengan tonal warna yang sangat natural diberbagai kondisi pencahayaan.

Revolusi Jendela Bidik Langsung

Dengan memadukan sudut pandang lebar yang unik, bersamaan dengan pembesara tertinggi di dunia (0,77x) untuk kamera digital (*1), jendela bidik kamera X-T1 memberikan pengalaman pemotretan gambar yang sebenar-benarnya dapat dirasakan. Masing-masing kecepatan layar jendela bidik dapat diatur; dengan waktu selang hanya 0,005 det (*2) – berati sepersepuluh dari kecepatan kamera digital yang ada saat ini (*3) – Anda akan merasakan hubungan secara penuh dengan subjek yang dibidik.

Jendela bidik yang berbaris sempurna dengan aksis optik lensa

Dengan resolusi titik 2,36m, layar OLED mampu menghasilkan gambar yang sangat detil dan cerah terhadap gambar apa saja yang diambil. Kamera X-T1 EVF mampu membuat Anda ingin diambil gambarnya dengan sambil beraksi, sebagaimana rasa saat menggunakan jendela bidik optik tradisional.

Walaupun saat pandangan yang dibuat kamera adalah yang paling halus dan murni yang ada di kamera digital, jendela bidik yang dimiliki X-T1 juga memiliki terobosan teknologi yang dapat membantu kegiatan fotografi Anda. Jendela bidik terbaru ini dirancang dengan Antarmuka Pengguna Grafis (Graphic User Interface) yang dapat menghasilkan pengalaman pengambilan gambar detil baru yang sangat jelas dan kenyamanan pengaturan kamera yang dapat dilakukan secara cepat.

Empat jenis tampilan layar yang mampu memberikan pengalaman pemotretan yang belum pernah dirasakan sebelumnya dengan jendela bidik optiknya, yaitu:

  1. Mode “PENUH” atau FULL ini sepenuhnya memberikan keuntungan pada rasio pembesaran yang tinggi pada jendela bidik X-T1 dalam menghasilkan pemandangan yang mampu menandingi gambar asli yang akan diambil.
  2. Mode “NORMAL” ini memberikan tampilan yang optimum, termasuk di dalamnya pengaturan pemotretan
  3. Mode “GANDA” atau DUAL ini secara khusus dirancang untuk fokus manual dengan pembagian tampilannya yang cerdas. Dengan mode ini, tampilan layar biasa dan area fokus manual secara bersamaan dapat diperiksa (dengan Digital Split ImageTM atau Focus Peak Highlight)*4
  4. Untuk mode tampilan “POTRET” atau POTRAIT yang dilihat di mode “NORMAL” dan “PENUH”, secara otomatis tampilan layar akan berputar saat kamera diposisikan secara vertikal

Kamera dengan kecepatan fokus automatik tercepat di dunia

Pemandangan terbaik membutuhkan fokus automatik (AF) yang sesuai dan dengan Processor II EXR dan sensor Trans™ CMOS II(*4), X-T1 mampu melakukannya. Sensor terbaru X-Trans™ memiliki tahapan deteksi internal AF sehingga pengujian respon 0,08 detik dapat dicapai (*5) dan Processor II EXR yang dimiliki kamera ini mampu memberikan waktu nyala super cepat yaitu hanya 0,5 detik(*6).

Selain itu juga, kamera ini memiliki waktu selang rana 0,5 detik dan interval waktu pemotretan 0,5 detik (*7). Kamera ini juga mampu mengambil 8 bingkai gambar per detik (*8)dengan melacak focus automatik dan ini merupakan model pertama kali yang pernah ada(*2) yang sesuai dengan format kartu memori SDXC UHS-II. Sehingga kecepatan penulisan data dalam mode berlanjut dapat meningkat sekitar dua kali dibandingkan dengan kartu memori yang banyak digunakan saat ini(*9).

Sensor X Trans II terkini dan Processor EXR II

Menghadirkan sensor X-Trans CMOS II yang sama dengan kehadiran X-E2. Sensor kamera X-T1 X-Trans II mampu mengatur moiré dan menghasilkan perbaikan warna dengan menggunakan filter warna asli dengan pengaturan piksel acak tinggi. Fitur ini menghilangkan kebutuhan akan Optical Low Pass Filter (OLPF) yang dapat mengurangi resolusi.

Processor EXR II mampu memperbaiki pengaburan fraksional pada pinggir lensa, sebagaimana halnya difraksi pengaburan yang muncul saat apartura mengecil.. Lebih lanjut, kualitas gambar ditingkatkan dengan memasukkan Lens Modulation Optimizer (LMO) untuk lensa kamera yang dapat ditukar-tukar. Teknologi kamera terkini ini memungkinkan pengintergrasian dengan pengembangan lensa yang lain, bagian sensor dan processor dan pengembangan ini berdasarkan kinerja optik dan karakteristik masing-masing lensa dalam memaksimalkan tenaga baterai.

Fitur-fitur utama Fujifilm X-T1

Jendela bidik elektronik yang telah berevolusi

  1.  Jendela bidik OLED berpresisi tinggi 2,36 juta dot
  2. Pembesaran jendela bidik tertinggi untuk kamera digital sebesar 0.77x(*1)
  3. Sudut tampilan luas (diagonal 38° dan horizontal 31°)
  4.  Real Time Viewfinder ekstra cepat dengan waktu selang 0,005 detik(*2) (kurang dari 1/10 dari model-model di pasaran)(*3)
  5. Empat mode tampilan berbeda: Full, Normal, Dual dan Vertical.
    • Full mode: Menampilkan informasi pemotretan pada bagian atas dan bawah layar untuk menghindari obstruksi tampilan.
    • Dual mode: Menambah layar kecil kedua untuk untuk memeriksa titik fokus dengan Focus Peak Highlight atau Digital Split Image *4.
    • Normal mode: Memberi Anda kebebasan berkonsentrasi dalam melakukan framing terhadap bidikan dalam mode Auto Focus namun tetap memungkinkan Anda mengidentifikasi perubahan kondisi shooting, menjadikannya setting sempurna untuk fotografi olahraga dan gerak.
    • Portrait mode: Saat dalam Full mode atau Normal mode, ia merotasi antarmuka informasi shooting jika kamera diposisikan secara vertikal.

Respons berkecepatan sangat tinggi, termasuk AF tercepat di dunia

  • AF tercepat di dunia sebesar 0.08 detik *5dicapai dengan proprietary imaging area phase-detection milik Fujifilm. Waktu startup 0.5 detik *6, shutter time lag 0.05 detik dan interval shooting 0.5 detik *7 sudah dapat dicapai dengan mesin pemroses gambar EXR Processor II – dengan kecepatan pemrosesan di atas dua kali lipat dari pemroses sebelumnya.
  • Phase detection AF dan motion predictive AF untuk shooting bersinambungan hingga 8 frame per detik*8.
  • Kompatibilitas pertama di dunia dengan kartu memori Ultra High Speed UHS-IISD.

Struktur tahan cuaca

  • Badan kamera anti debu dan anti air dengan sekitar 80 poin pelindung cuaca. Tahan beku hingga -10°C.
  • Vertical battery grip VG-XT1 dan tiga lensa zum baru menawarkan ketahanan cuaca yang sama untuk mengamankan keseluruhan sistem.

Resolusi tinggi, kebisingan rendah serta reproduksi warna yang unik

  • Sensor X-Trans™ CMOS II (*4) ukuran APS-C 16.3 megapiksel dengan larik original color untuk mengontrol moiré dan false color tanpa path filter optis rendah.
  • Resolusi dan rendahnya kebisingan setara dengan resolusi dan kebisingan dari model-model dengan sensor ‘full-frame’.
  • Teknologi desain proprietary image mampu mereproduksi warna seindah warna asli.
  • Desain circuit board yang sudah dirancang ulang memungkinkan pengaturan ISO 51200 yang tinggi(*10).
  • Teknologi Lens Modulation Optimizer memaksimalkan kinerja tiap lensa.

Kualitas flagship build dan operasi intuitif

  • Body die-cast magnesium menghasilkan desain yang kokoh dan awet, namun padat dan ringan.
  • Kenop aluminuian dek ganda yang detil sekali untuk kecepatan rana, pengaturan ISO, kompensasi pencahyaan, pengukuran dan drive mode, dengan pengaturan notched.
  • Body dan grip didesain untuk keseimbangan yang benar saat melekatkan lensa telephoto dan lensa berdiameter besar.
  • Kenop perintah kembar dan enam tombol fungsi untuk mengatur dan pengalihsuaian kilat.
  • Monitor kaca keras LCD berpresisi tinggi 1.04 juta dot tilting.

Peningkatan fungsi nirkabel (wireless)

  • Aplikasi gratis “FUJIFILM Camera Remote” dan fungsi “Wireless Communication” membuat pengguna bisa membidik gambar jarak jauh dari smartphone dan tablet.
  • Fungsi wireless via “FUJIFILM Camera Remote” meliputi Touch AF, pelepas rana untuk gambar diam dan film, kecepatan rana, apertura, kompensasi pencahayaan, sensitivitas ISO, mode Simulasi Film, Imbangan Putih, Makro, penghitung waktu dan flash.
  • Transfer cepat dan penanda lokasi gambar via smartphone dan tablet Anda (*12).
  • Transfer Wi-Fi® (*13) juga memungkinkan mencadangkandata pada kamera ke komputer (*14) tanpa menggunakan kabel.

Penghitung interval pemotretan

  • Penghitung interval pemotretan untuk fotografi Time Lapse tersedia dengan interval 1 detik sampai 24 jam dan hingga 999 bingkai.
  • *1Rasio pembesaran VF tertinggi di antara kamera digital. Riset Fujifilm sejak Januari 2014. Kurang lebih pembesaran 0.77x dengan lensa 50mm (setara format 35mm) yang disetel ke infinity dan -1.0DP.
  • *2Riset Fujifilm sejak Januari 2014.
  • *3Dibandingkan dengan FUJIFILM X-E2
  • *4“X-Trans” dan “Digital Sprit Image” adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari FUJIFILM Corporation.
  • *5Kecepatan AF tercepat di antara kamera digital yang dilengkapi dengan sensor APS-C atau sensor yang lebih besar. Pengukuran yang dilakukan oleh riset Fujifilm berdasarkan panduan CIPA menggunakan X-T1 dilengkapi dengan lensa XF14mmF2.8 R pada mode High Performance sejak Januari 2014.
  • *6Dilengkapi dengan XF27mmF2.8 pada mode High Performance
  • *7Mode MF
  • *8Pemotretan Mode AF-C
  • *9Pemotretan Mode RAW
  • *10Sensitivitas expended output
  • *11Pada ISO 200. Pada ISO100, panduan nomor 8 berdasarkan panduan CIPA.
  • *12Transfer gambar berganda maksimal adalah 30 foto atau 2GB.
  • *13Wi-Fi® adalah merek dagang terdaftar dari Wi-Fi Alliance
  • *14Fungsi ini memerlukan instalasi perangkat lunak aplikasi gratis FUJIFILM PC AutoSave pada komputer pribadi Anda.

Daftar aksesoris FUJIFILM X-T1:

  • Sarung kulit BLC-XT1
  • Vertical battery grip VG-XT1
  • Hand Grip MHG-XT
  • Kompatibel dengan semua lensa Fujinon X Mount
  • •M Mount Adapter untuk kompatibilitas lensa tambahan
  • Empat pilihan model dedicated flash sesuai kebutuhannya (EF-X8, EF-X20, EF-20, EF-42)
  • Pelindung filter (PRF-39, PRF-52, PRF-58, PRF-62 and PRF-72 (For XF10-24mmF4 R OIS))
  • Pelepas jarak jauh RR-90
  • Mikrophon Stereo MIC-ST1
  • DC coupler CP-W126
  • AC adapter AC-9V

Spesifikasi Lengkap Kamera Fujifilm X-T1

Body type
Body typeSLR-style mirrorless
Sensor
Max resolution4896 x 3264
Image ratio w:h1:1, 3:2, 16:9
Effective pixels16 megapixels
Sensor photo detectors17 megapixels
Sensor sizeAPS-C (23.6 x 15.6 mm)
Sensor typeCMOS
ProcessorEXR Processor II
Image
ISO200-6400 (RAW), 100-51200 (JPEG)
White balance presets8
Custom white balanceYes
Image stabilizationNo
Uncompressed formatRAW
JPEG quality levelsLarge, Medium, Small
Optics & Focus
AutofocusContrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Continuous, Face Detection, Live View
Manual focusYes (MF Distance Indicator)
Lens mountFujifilm X
Focal length multiplier1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCDTilting
Screen size3″
Screen dots1,040,000
Touch screenNo
Screen typeTFT LCD (RGBW)
Live viewYes
Viewfinder typeElectronic
Viewfinder coverage100%
Viewfinder magnification0.77×
Viewfinder resolution2,360,000
Photography features
Minimum shutter speed30 sec
Maximum shutter speed1/4000 sec
Aperture priorityYes
Shutter priorityYes
Manual exposure modeYes
Built-in flashNo (External flash EF-X8 included)
Flash range8.00 m (ISO100)
External flashYes (Dedicated TTL flash compatible hot shoe)
Flash modesActivated when external flash is connected Red-eye removal OFF: Auto / Forced Flash / Slow Synchro / Suppressed Flash / Rear-curtain Synchro / Commander Red-eye removal ON: Red-eye Reduction Auto / Red-eye Reduction & Forced Flash / Suppressed Flash / Red-eye Reduction & Slow Synchro / Red-eye Reduction & Rear-curtain Synchro / Commander
Continuous drive8 fps
Self-timerYes (10sec. / 2sec. Delay)
Metering modesMulti
Center-weighted
Spot
Exposure compensation±3 (at 1/3 EV steps)
AE Bracketing(at 1/3 EV, 2/3 EV, 1 EV steps)
WB BracketingYes (+/- 1 to +/- 3)
Videography features
Resolutions1920 x 1080 (30, 60p), 1280 x 720 (30p, 60p)
FormatH.264
MicrophoneStereo
SpeakerMono
Storage
Storage typesSD / SDHC / SDXC (UHS-II)
Connectivity
USBUSB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMIYes (mini HDMI)
WirelessBuilt-In
Wireless notesGeotagging / Wireless communication (Image transfer) / View & Obtain Images / Remote camera shooting / PC Autosave
Remote controlYes (RR-90 remote release (not included))
Physical
Environmentally sealedYes
BatteryBattery Pack
Battery descriptionNP-W126
Battery Life (CIPA)350
Weight (inc. batteries)440 g (0.97 lb / 15.52 oz)
Dimensions129 x 90 x 47 mm (5.08 x 3.54 x 1.84″)
Other features
Orientation sensorYes
Timelapse recordingYes (Setting: Interval, Number of shots, Starting time)
GPSOptional
GPS notesvia smartphone

Harga Kamera Fujifilm X­T1

Fujifilm XT­1 akan di jual dengan harga US$1299.95 atau Rp. 15.588.000 untuk bodi saja serta US$1699.95 atau Rp. 20.388.000 sepaket dengan lensa kit XF18­55mm F2. 8­4.