Harga Kamera Canon 500D Bulan Juli 2019

Harga DSLR Canon 500D – Kamera Canon EOS 500D merupakan salah satu kamera DSLR yang dibuat oleh Canon untuk menjadi generasi kamera sebelumnya yaitu kamera Canon WOS yang tidak memiliki fitur untuk merekam video HD, selain itu kamera ini juga telah menyempurnakan kamera-kamera Canon yang sebelumnya.

Kamera Canon EOS 500D ini hadir dengan berbagai macam fitur yang siap untuk memanjakan para penggunanya, baik untuk mengambil gambar ataupun merekam video dengan kualitas HD.

Kamera Canon EOS 500D adalah kamera low entry level pertama kali yang menggunakan fitur kualitas HD yang disematkan untuk mengembangkan versi kamera yang sebelumnya, tentunya kehadiran kamera yang baru ini memberikan kabar baik dalam dunia fotografi digital, karena sudah memulai babak baru DSLR entry level dengan video HD. Dengan memiliki keunggulan utama yang mampu merekam video HD 1920 x 1080 (20fps) / 1280 x 72 (30 fps) dengan menggunakan teknik kompresi H.264 codec.

Baca juga: Daftar Harga Kamera DSLR Canon

Secara sekilas tampilan antara kamera EOS 500D dengan kamera pendahulunya EOS 450 D memang tidak terlihat ada yang berbeda, keduanya memiliki bodi berbahan plastik yang berwarna hitam (tetapi  menggunakan rangka baja stainless), bahkan dari spesifikasi mendasar pun juga hampir terlihat tidak ada yang perubahan yang signifikan.

Masih mengadopsi 9 titik AD, kamera bersensor CMOS ini memiliki resolusi 15MP jauh lebih tinggi daripada generasi sebelumnya yang hanya 12 MP, pemain kelas menengah atau semi-pro yang berbalut bahan magnesium alloy.

Review Kamera Canon EOS 500D

Spesifikasi yang pertama kita bahas adalah bagian ukuran kamera. Kamera Canon EOS 500D ini hadir dengan ukuran dimensi sebesar 128.8 x 97.5 x 75.3mm dengan berat 475 gram. Dengan memiliki bobot yang cukup ringan maka akan memudahkan para penggunanya untuk membawa kamera ini kemana saja. Lalu dengan desainnya yang kompak, kamera DSLR yang satu ini juga mudah untuk dimasukkan ke dalam tas karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Selanjutnya untuk mendukung pengambilan gambar yang sangat jelas dan jernih, kamera ini dipersenjatai dengan lensa kamera berukuran 18.00 megapixels yang sudah didukung dengan berbagai macam fitur.

Adapun fitur yang bisa digunakan untuk mengambil gambar yang jelas dan jernih antara lain yaitu, image sensorm recordyng sistem, Imaging Processor, Viewfinder, Autofocus, Exposure Control, Shutter dan sebagainya. Setiap fitur tersebut tentunya memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Dengan menggunakan type Image Sensor CMOS sensor yang mempunyai ukuran 22.3 x 14.9mm anda bisa mencetak gambar dengan ukuran yang besar.

Menurut kami dengan kemampuan mencetak gambar dengan ukuran yang besar tanpa resolusi pecah, anda bisa menggunakan kamera ini jika anda ingin mengabadikan moment penting anda bersama keluarga yang akan dicetak dengan ukuran yang jumbo.

Sementara untuk memberikan kualitas suara yang jernih saat kamera dslr ini merekam kegiatan anda berupa video. Canon EOS 500D dibekali dengan Recording System bertype Design rule for Camera File System 2.0 yang memiliki ukuran recording dengan beberapa bagian yang pertama bagian large dengan ukuran 17.90 megapixels , kedua ukuran Medium yang mempunyai ukuran 8.00 megapixels, kemudian small yang mempunyai ukuran 4.50 megapixels dan terakhir RAW yang mempunyai ukurn 17.90 megapixels.

Untuk mereview hasil jepretan atau tangakapan gambar, kamera dslr canon ini juga dilengkapi dengan layar lcd bertype TFT colour liquid-crystal monitor yang dilengkapi dengan Monitor Size and Dots. Dengan adanya layar lcd tersebut, para pengguna bisa mereview setiap hasil jepretan gambar.

Selain untuk mereview hasil tangkapan gambar, adanya layar lcd pada kamera ini juga untuk mengeksplor menu yang ada pada kamera tersebut.

Spesifikasi Kamera Canon EOS 500D

Berat (g)                530
 Ukuran (L x W x H in)   5.1 x 3.9 x 2.4 in
 warna   hitam
 Video HD  Ya
 Resulusi Video  1920 x 1080
 Focal Length  29 – 216mm
 Range Aperture Lensa  f/3.5-5.6
 ISO Range  100-6400
 Range Shutter Speed  1/4000 sec. to 30 sec
 Built in Flash  Ya
 Tipe Memory Card    SD/SDHC/SDXC
 HDMI Port  Ya
 Tipe Layar  TFT Layar
 Format Video  MOV
 Ukuran File Foto   5184 x 3456
 Format Foto   JPEG, RAW
 Tipe Baterai Battery Pack LP-E5
 Output Component Video  Composite Video|3.5mm jack|USB|HDMI
 Input   USB
 Garansi produk   1 Tahun Garansi (Spare-part dan Servis)
 Fitur  HD Recording
 Megapiksel    15,1
 Ukuran Layar (in)  3,0

Harga Kamera Canon EOS 500D

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Spesifikasi Kamera Canon EOS 500D yang bisa kami berikan kepada anda. Jika melihat spesifikasi kamera dslr ini, kamera ini kami rasa sangat cocok digunakan untuk mereka yang ingin memiliki kamera dslr dengan fitur yang lengkap dan canggih.

Kemudian untuk Harga Kamera Canon EOS 500D dibandrol dengan harga yag cukup terjangkau. Dipasar dalam negri Harga Kamera Canon EOS 500D dibandrol sebesar Rp 4.977.000,00. Dan tentunya harga tersebut bisa berubah tergantung ekonomi yang sedang ada. Ya berdoa saja mudah mudahan saja, saat anda membeli harga kameranya sedang turun jadi anda bisa membelinya dengan harga yang murah.

Baca juga: Harga Kamera Canon 350D

Tips Menggunakan Canon EOS 500D

  1. Kenali Tombol Pada Kamera

Kamera yang satu ini telah hadir dengan lebih banyak tombol dan fitur dibandingkan kamera saku.

  1. Memahami Automatic Exposure Bracketing

Beberapa kamera menghadirkan fitur ini supaya anda bisa memotret dengan sempurna meski kondisi cahaya terang.

  1. Mengenal White Balance

Anda harus mengenal white balance ini terlebih dahulu supaya kamera nantinya bisa memotret dengan warna yang sesuai dengan keadaan.

  1. Mode Aperture dan Shutter

Mode Aperture dan Shutter priority membuat Aperture dan Shutter akan diatur otomatis. Mode ini pastinya akan membuat anda bisa memotret dengan lebih mudah.

  1. Mengenal Histogram

Dengan histogram anda bisa  mengetahui hasil foto secara detail, apakah sudah sempurna, terlalu gelap, ataupun terlalu terang.

  1. Ketahui Cara Mengunci Focus

Anda harus dapat menemukan focal length yang sesuai sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek dan background. Jika anda salah dalam mengunci fokus, maka hasil foto anda nantinya akan blur.

  1. Mengenal Depth of Field

Anda bisa membuat depth of field dengan mengatur kedalaman background.

  1. Melepas Shutter

Untuk tips dasar fotografi, anda perlu untuk mempelajari teknik melepas shutter. Terkadang menekan setengah shutter bisa membuat focus lensa. Jadi anda harus perhatikan dengan benar kapan shutter harus dilepas.

  1. Memahami Exposure

Anda juga harus memahami tiga komponen paling penting dalam exposure yaitu ISO, Shutter speed dan juga aperture. Perlu anda ketahui bahwa ketiga komponen ini bekerja sama, saling melengkapi untuk dapat menghasilkan foto yang sempurna.

  1. Menggunakan Flash Kamera

Menggunakan flash akan lebih menambah kesan mendalam sebuah foto. Anda bisa memainkan pencahayaan sehingga subjek akan tampak jelas.

Leave a Comment